Promosi Wisata Budaya dan Alam, Kitadaya Katingan Jelajah Wisata Danau Bulat

ANNAS/BERITA SAMPIT - Kitadaya Kabupaten Katingan Saat gelar Jelajah Wisata Budaya Danau Bulat Desa Jahanjang, Kecamatan Kamipang.

KASONGAN – Komunitas Pecinta Budaya Dan Alam (Kitadaya) Kabupaten Katingan gelar Jelajah Wisata Budaya Danau Bulat Desa Jahanjang, Kecamatan Kamipang dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 Republik Indonesia (RI).

Kegiatan perdana tersebut dengan tema ” Bersama Kitadaya Katingan Menjaga Kebudayaan Dan Alam Mewujudkan Katingan Bermartabat. Jelajah wisata ini sedikitnya diikuti sebanyak 25 orang terdiri dari pengurus dan anggota Kitadaya Katingan.

Ketua Umum Kitadaya Kabupaten Katingan Khairul Saleh, mengatakan kegiatan yang sangat positif tersebut tidak lain untuk memperkenalkan wisata Danau Bulat dan jenis objek ekowisata lainnya di wilayah Kecamatan Kamipang.

“Adapun kegiatan yang dilakukan di wisata Danau Bulat ini, pertama mengelar kegiatan atraksi Seni Budaya melalui tari-tarian daerah. Kemudian, Aksi Bakti Sosial Lingkungan, Susur Sungai sekaligus berkemah di lokasi wisata alam, sejak tanggal 12 sampai 14 Agustus 2022,” jelas Khairul Saleh, Minggu 14 Agustus 2022.

ANNAS/BERITA SAMPIT – Atraksi Seni Budaya melalui tari-tarian daerah di tempat wisata Danau Bulat.

Diungkapkan bahwa kegiatan yang dilakukan tersebut tidak hanya seremonial semata, melainkan hasil dari eksplorasi akan di promosi kembali melalui media jejaring sosial internet seperti facebook, Instagram dan youtube yang sudah di aktifkan oleh Kitadaya Katingan.

BACA JUGA:   Masjid Al-Ghufron Kasongan Gelar Tabligh Akbar Bersama KH. Fakhrudin Nur

“Dengan adanya promosi wisata yang kita lakukan, tentu akan menarik atau mengundang para turis mancanegara untuk datang menikmati keindahan alam wisata di Bumi Penyang Hinje Simpei ini. Kami harapkan juga komunitas ataupun organisasi lainnya dapat membantu pemerintah daerah melakukan promosi budaya dan wisata yang kita lakukan ini,” ungkap Khairul Saleh.

Tidak hanya itu, Tokoh Pemuda Katingan ini mendorong pemerintah daerah melalui dinas terkait agar lebih memperhatikan dan merawat secara rutin objek wisata dan budaya terutama wisata Danau Bulat yang saat ini terlihat masih kurang terawat baik itu dari segi akses jalan, penunjang pasilitas tempat wisata, maupun bangunan-bangunan yang ada pun perlu dilakukan renovasi kembali.

BACA JUGA:   Ibu-Ibu Diberikan Pengetahuan Tentang Pencegahan Tindak Pidana Melalui Media Elektronik

“Apabila danau bulat ini di kelola dengan baik, maka akan banyak para wisatawan daerah maupun luar daerah datang berkunjung. Secara bertahap juga akan membantu menambah Pendapatan Asli Daerah serta membantu perekonomian masyarakat setempat,” ungkapnya.

Lanjutnya menambahkan, Kitadaya Kabupaten Katingan selalu membuka diri bagi pihak yang ingin bergandeng tangan menggaungkan gema sadar dan peduli terhadap lingkungan serta untuk peningkatan kapasitas pariwisata daerah.

“Jelajah wisata Kitadaya Katingan tindak hanya sampai disini aja, melainkan akan rutin dilakukan sesuai program Komunitas kami. Semoga apapun program yang kami jalankan agar mendapat dukungan pemerintah Kabupaten Katingan,” pungkasnya. (Annas).

(Visited 61 times, 1 visits today)