Tim Damkar Kotim Evakuasi Sarang Tawon di Atap Rumah Warga

ILHAM/BERITA SAMPIT - Salah seorang petugas dari Dinas Damkar Kotim, sedang melakukan evakuasi sarang tawon yang ada di atap rumah warga, di.perumahan citra mandiri jalan HM Arsyad Km 3,5 Sampit, Minggu 14 Agustus 2022.

SAMPIT – Tim Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Kotawaringin Timur, mengevakuasi sarang tawon yang bersarang di atap rumah warga di Perumahan Citra Mandiri Km 3,5 Sampit, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Minggu 14 Agustus 2022 malam.

Warga yang resah dengan keberadaan sarang tawon berukuran diameter sekitar 40 centimeter tersebut, akhirnya merasa lega setelah tim Damkar Kotim menghancurkan sarang tersebut.

“Alhamdulillah tim Damkar cepat merespon laporan kami, sebab sangat berbahaya jika tidak dihancurkan,apalagi sore hari banyak anak-anak bermain disini,”kata Rosy warga setempat.

BACA JUGA:   Guru dan Murid SDN 1 Baamang Tengah Kenakan Pakaian Adat Daerah

Sementara, Kepala Dinas Damkar Kotim Hawianan mengapresiasi dengan kepedulian warga yang cepat melaporkan keberadaan sarang tawon tersebut.

“Setelah dapat laporan itu, saya langsung menginstruksikan tim yang piket malam mendatangi lokasi,”ucapnya.

Dengan mengenakan pakaian APD lengkap, petugas menyemprotkan bahan kimia atau jenis racun serangga untuk mematikan hewan menyengat tersebut. Setelah itu petugas menghancurkan sarang itu.

Pada kesempatan itu, Hawianan juga mengimbau kepada warga agar berhati-hati ketika tahu keberadaan sarang tawon, karena sengatannya berbahaya jika tidak memahami cara mengevakuasinya.

BACA JUGA:   Muda Bersama Hanura, Hamdi Supriadi Siap Bertarung di Daerah Pemilihan V Kotim

“Kalau disengat satu atau dua tawon mungkin bengkak, kalau banyak bisa fatal. Saya harap masyarakat tidak mengevakuasi sendiri, lebih baik hubungi petugas. Sebab, jika tidak paham, bisa membahayakan diri sendiri atau orang lain,” pungkasnya. (ilm)

(Visited 62 times, 1 visits today)