Menang Mutlak, HM Yusuf Terpilih Jadi Rektor UMPR

(Ist/dok.pri)

Palangka Raya – Proses pemilihan rektor Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (UMPR) selesai digelar, Senin 15 Agustus 2022.

Hasilnya, Dosen Program Pascasarjana UMPR Dr HM Yusuf SSos MAP meraih suara terbanyak senat.

Pada rapat senat yang dilaksanakan di lingkungan Perguruan Tinggi Muhammadiyah itu, sebanyak 6 calon bersaing memperebutkan sebanyak 41 suara senat (minus satu anggota berhalangan hadir).

Dalam sesi pemungutan suara, Dr HM Yusuf SSos MAP unggul mutlak dengan meraih total 33 suara. Peraih suara kedua terbanyak adalah Rektor saat ini Dr Sonedi MPd dengan 6 suara.

Selanjutnya, Dr Saijo SP MP dengan jumlah perolehan 1 suara. Sedangkan Dr Ady Ferdian Noor MPd, Dr M Fatchurahman MPd M Psi, dan Dr Sanawiah SAg MH belum memperoleh suara.

BACA JUGA:   Bawaslu Kalteng Lakukan Pendampingan Sidang Pemeriksaan Pelanggaran Administratif Pemilu di Kapuas 

Dari perolehan suara itu, mantan Sekretaris PWI Kalteng itu berpeluang paling besar menduduki jabatan Rektor UMPR periode 2023-2027.

Pendidik yang juga tokoh pers Kalimantan Tengah kelahiran Kuala Pembuang (Seruyan) ini tinggal menunggu proses selanjutnya, yakni rekomendasi Pengururs Wilayah Muhammadiyah (PWM) dan kemudian menerima Surat Keputusan (SK) dari Pengurus Pusat Muhammadiyah.

Ketua PWM Kalteng Dr H Ahmad Syar’i kepada media tadi siang, menyampaikan ucapan selamat atas suksesnya seluruh rangkaian proses pemilihan rektor UMPR hingga rapat senat ini.

“Pertama, selamat atas terlaksananya sidang yang berjalan dengan cukup lancar ini. Kami menyampaikan terimakasih kepada para calon dan seluruh anggota senat yang ikut berperan menjadikan proses ini berjalan baik dan demokratis,” kata Syar’i.

BACA JUGA:   Lapak Pengepul CPO Ilegal di Sampit Menjamur, Disinyalir Terima Penggelapan

Mantan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalteng ini juga mengucapkan selamat kepada Dr HM Yusuf SSos MAP yang meraih kepercayaan terbanyak dari anggota senat UMPR. Kemudian pihaknya akan menyusun rekomendasi kepada Pengurus Pusat Muhammadiyah dengan pertimbangan hasil pemilihan Rektor UMPR hari ini.

“Kita berharap seluruh tahapan berikutnya juga berjalan lancar sesuai dengan jadwal yang sudah dibuat. Perkiraan SK Pusat sudah keluar akhir Januari sehingga pelantikan rektor sudah bisa dilaksanakan awal tahun 2023,” tandasnya.

(BS65)