DBD Jangan Sampai Korbankan Warga Binaan, Langkah Ini Dilakukan Lapas Sampit

IST/BERITA SAMPIT - Penyemprotan pestisida pembunuh nyamuk (fogging).

SAMPIT – Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Sampit mengadakan Gerakan Antisipasi Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) dan Malaria melalui pemberantasan nyamuk bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kotawaringin Timur, Selasa 16 Agustus 2022.

Kegiatan berupa penyemprotan pestisida pembunuh nyamuk (fogging) di seluruh blok dan lingkungan sekitar blok hunian, pembersihan bak mandi dan tempat genangan air seperti selokan-selokan yang berpotensi menjadi tempat bersarangnya nyamuk.

Dalam kesempatan kali ini, Lapas Sampit juga mendapatkan bantuan bubuk pembunuh jentik nyamuk yang dapat digunakan pada bak-bak mandi baik di blok maupun kamar hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Agung Supriyanto selaku Kalapas Sampit mengatakan bahwa kegiatan ini kami lakukan dalam rangka mengantisipasi/mencegah potensi munculnya gangguan kesehatan WBP khususnya penyakit DBD dan Malaria yang disebabkan oleh nyamuk.

“Kami terus berupaya untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan WBP melalui berbagai cara yang diantaranya dengan pembersihan insektisida yang berpotensi menyebabkan penyakit seperti nyamuk dengan 3M (menguras, menutup tempat air dan mengubur benda yang menimbulkan sarang nyamuk) serta dengan melakukan fogging,” kata Kalapas Sampit.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Umar Kaderi) ditempat berbeda menyampaikan bahwa Dinas Kesehatan akan terus bersinergi dan berkolaborasi serta siap mendukung berbagai program kegiatan yang dilaksanakan Lapas Sampit dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan WBP.

“Dinas Kesehatan melalui Puskesmas Ketapang I Sampit yang memiliki wilayah kerja termasuk Lapas Sampit berkomitmen untuk selalu bersinergi dan berkolaborasi dengan Lapas Sampit melalui berbagai kegiatan kesehatan baik dalam bentuk penyuluhan kesehatan, skrining maupun berbagai kegiatan lain dalam rangka menjaga dan meningkatkan kesehatan WBP,” tuturnya.

Berbagai kegiatan ini berjalan dengan lancar dan aman berkat dukungan dan peran aktif seluruh pegawai serta WBP. “Terima kasih kami sampaikan kepada Dinas Kesehatan dan peran aktif seluruh pegawai Lapas Sampit untuk bersama-sama terus meningkatkan kesehatan WBP,” tutupnya. (Arlan).