Mahasiswa KKN Kebangsaan Lakukan Pengelolaan Desa Ramah Lingkungan dengan Pembuatan Aquaponik

IST/BERITA SAMPIT - Mahasiswa KKN Kebangsaan beserta Masyarakat Desa Gadabung Kecamatan Pandih Batu Kabupaten Pulang Pisau membuat Aquaponik, Senin 15 agustus 2022.

PULANG PISAU – Mahasiswa KKN Kebangsaan Desa Gadabung, Pandih Batu, Kabupaten Pulang Pisau, Provinsi Kalimantan Tengah melakukan Pengelolaan Desa Ramah Lingkungan dengan kegiatan Pembuatan Aquaponik, Senin 15 Agustus 2022.

Pembuatan Aquaponik ini dengan memanfaatkan sarana budidaya perikanan yang diberikan oleh pemerintah kepada Desa Gadabung untuk melakukan pembudidayaan tanaman sayuran dengan metode Aquaponik.

“Kegiatan aquaponik yang digagas oleh mahasiswa KKN kebangsaan di desa gadabung diharapkan mampu menjadi sumber pemenuhan gizi dan protein untuk masyarakat disekitar desa dan kedepannya diharapkan dapat menjadi mata pencaharian tambahan yang menjanjikan,” ungkap Dosen Pembimbing Lapangan Desa Gadabung Dr. Betrixia Barbara,SP.,M.Si.

BACA JUGA:   Pulang Pisau Permudah Pelayanan Administrasi Kependudukan melalui Isbat Nikah

Sementara itu Yoko, salah satu Warga Desa Gadabung bersama mahasiswa KKN kebangsaan mendapatkan kesimpulan bahwa metode Aquaponik merupakan budidaya tanaman sayuran yang mana budidaya tersebut memanfaatkan air dari kolam budidaya ikan guna untuk meningkatkan efisiensi antara tanaman sayuran dan ikan yang mana tanaman sayuran membutuhkan air dari kolam ikan tersebut dan air yang terdapat kotoran dari ikan dapat diserap oleh tanaman tersebut sehingga air tersebut bersih dan dapat dimanfaatkan oleh ikan.

“Metode Aquaponik tidak memerlukan perawatan secara rutin secara terus menerus dikarenakan pupuk tersebut berasal dari kotoran ikan dan air tersebut sudah berasal dari kolam ikan,” ungkap Yoko

BACA JUGA:   KKP Serahkan Bantuan Kapal 3 GT kepada Puluhan Nelayan di Pulang Pisau

Ia menambahkan bahwa Aquaponik yang dibuat oleh mahasiswa KKN kebangsaan Desa Gadabung merupakan metode Aquaponik yang sederhana.

“Aquaponik yang dibuat oleh mahasiswa KKN kebangsaan Desa Gadabung merupakan metode Aquaponik yang sederhana dimana hanya memanfaatkan botol dan gelas yang sudah tidak terpakai, memakai pipa sebagai salurannya, dan waterpump yang berfungsi untuk memompa air dari kolam ikan menuju pipa yang telah terhubung sehingga air tersebut dapat teraliri ke botol-botol yang telah disambungkan ke pipa tersebut,” tandasnya. (rahul)

(Visited 49 times, 2 visits today)