Dr H Abubakar HM M.Ag, Pendidik yang Siap Terjun ke Kancah Politik

(IST/BERITA SAMPIT/ft.dok.pri) - Dr H Abubakar HM M.Ag foto bersama Ketua DPP PAN Zulkifli Hasan

PALANGKA RAYA – Pengabdian panjang kepada negara sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) telah dijalani Dr H Abubakar HM M.Ag setelah purnatugas tahun 2021. Pria yang masih aktif sebagai pendidik disejumlah perguruan tinggi di Kalimantan Tengah (Kalteng) ini bersiap meneruskan pengabdian untuk negara dan daerah lewat kancah politik.

Melalui Partai Amanat Nasional (PAN) Kalteng, pria kelahiran 31 Desember 1955 itu mulai menjalani proses pendaftaran menjadi calon legislator Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) daerah pemilihan Kalteng pada Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 mendatang.

Ditemui awak media  di Palangka Raya, Selasa 16 Agustus 2022, Abubakar menyebut niatan menjadi legislator ini sebenarnya merupakan panggilan pengabdian yang telah lama ada, seiring menjalani karirnya sebagai pendidik. Namun, karena aturan netralitas PNS, baru setelah pensiun inilah dirinya mulai berkecimpung di dunia politik.

Mantan Dosen aktif Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya dan yang kini dosen Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (UMPR) ini mengatakan, ada sejumlah hal mendasar yang menguatkan niatnya berkiprah di dunia politik, khususnya untuk menjadi legislator.

BACA JUGA:   PPKHI Kalteng Turut Menyoroti Kasus Dugaan Malapraktik, Sebutkan Hukuman Terberat Hingga Siap Bantu Korban

“Saya juga pernah mengajar ilmu politik. Sekarang Saya ingin mengimplementasikan pengetahuan itu secara langsung,” ujarnya.

Selain itu, kondisi masyarakat secara nasional dan di daerah Kalteng masih perlu pembenahan lebih lanjut.

Pembenahan itu, menurut Abubakar, dapat dijalankan lebih efektif bila mendapat dukungan maksimal unsur legislatif.

Abubakar menyebut, Kalteng memiliki sumber daya alam (SDA) dan sumber daya manusia (SDM) yang perlu dikelola lebih maksimal. Potensi ini merupakan modal dasar untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat dan kemajuan daerah.

Agar potensi tersebut dapat dimanfaatkan secara maksimal, perlu kebijakan penanganan yang maksimal pula dari jajaran eksekutif dan legislatif. Dalam hal inilah dirinya termotivasi untuk menjadi legislator yang benar-benar mengedepankan kepentingan rakyat.

“Contohnya saja potensi perkebunan sawit dan pertambangan kita yang besar. Selama ini kebanyakan yang berperan investor dan pekerja dari luar. Ke depan kita dorong agar masyarakat daerah kita sendiri yang lebih berperan karena potensi SDM kita di Kalteng sebenarnya cukup memadai untuk itu,” sebutnya.

BACA JUGA:   Shrimp Estate Sumber Kekuatan Ekonomi di Pesisir Kalteng

Dia menambahkan, jika nantinya benar-benar mendapat amanah mewakili rakyat, maka aspirasi rakyatlah yang akan diutamakan untuk diperjuangkan.

“Lembaga perwakilan rakyat harus benar-benar mewakili harapan rakyat. Saya berkomitmen untuk itu,” tegasnya.

Lebih lanjut dikatakan Abubakar, yang senang olahraga lari ini, kiprahnya turun ke dunia politik sejauh ini berjalan cukup baik.

Dia bahkan sudah bertemu langsung Ketua DPP PAN Zulkifli Hasan di Jakarta yang juga berharap partai ini mampu menambah perolehan kursi di parlemen nasional pada Pemilu 2024 mendatang.

Di tingkat daerah, Abubakar juga sudah mendapat restu dari Ketua DPW PAN Kalteng H Achmad Diran untuk berlaga pada kontestasi legislatif nanti.

(BS65)