Pemprov Kalteng Berikan Bantuan kepada Veteran sebesar Rp250 juta

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran bersalaman dengan para veteran usai upacara peringatan HUT ke-77 RI di Palangka Raya, Rabu, (17/8/2022). ANTARA/Muhammad Arif Hidayat

PALANGKA RAYA – Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran mengatakan sebagai bagian dari rasa terima kasih serta penghargaan kepada para veteran pejuang kemerdekaan, pemerintah provinsi memberikan bantuan sebesar Rp250 juta.

“Bantuan Rp250 juta ini per orang, untuk para veteran yang ada di Kota Palangka Raya,” katanya usai upacara peringatan HUT ke-77 RI di Palangka Raya, Rabu 17 Agustus 2022.

Dia menjelaskan, bantuan untuk para veteran ini bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2022. Sedangkan untuk para veteran di kabupaten lainnya di Kalteng, diminta kepada masing-masing pemerintah daerah untuk dapat melakukan hal serupa.

“Kepada bupati dan wali kota se-Kalteng supaya disesuaikan dengan APBD masing-masing. Kalau bisa disamaratakan Rp250 juta,” jelasnya.

Hal ini sebagai bentuk perhatian pemerintah kepada para veteran. Menurutnya adanya republik ini berkat perjuangan dan kerja keras para pejuang, yang bahkan siap mengorbankan nyawanya demi bangsa dan negara.

Sugianto memaparkan, bantuan kepada para veteran rutin diberikan di setiap tahunnya, utamanya pada momen peringatan HUT RI. Tak hanya berupa bantuan uang, sebelumnya juga dilakukan bantuan perbaikan rumah.

Lebih lanjut dia mengajak seluruh elemen masyarakat meneladani semangat juang para pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan, yakni dengan melaksanakan tugas dan tanggung jawab di bidangnya masing-masing dengan sebaik-baiknya.

“Berjuang di era saat ini bukan berarti dengan mengangkat senjata melawan penjajah, namun dilakukan dengan melakukan yang terbaik bagi bangsa dan negara, dalam meningkatkan pembangunan serta kesejahteraan masyarakat,” terang Sugianto.

Adapun dalam upacara HUT ke-77 RI di lingkup Pemprov Kalteng, para veteran yang hadir disambut dengan penuh suka cita serta didampingi para petugas serta pejabat selama kegiatan berlangsung. Selain itu kegiatan ini turut dihadiri unsur Forkopimda, serta lainnya.

(ANTARA)