HUT Mahkamah Agung, PN Sampit Perkuat Kerjasama dan Kekompakan dalam Medukung Langkah Ketua MA

NACO : BERITA SAMPIT – HUT Mahkamah Agung ke-77 dilaksanakan dengan apel bersama di Pengadilan Negeri Sampit.

SAMPIT – Hari Ulang Tahun (HUT) Mahkamah Agung Republik Indonesia dilaksanakan dengan berbagai kegiatan di lingkungan Pengadilan Negeri (PN) Sampit, bahkan pada perayaan puncak 19 Agustus 2022 dilaksanakan dengan apel bersama.

Selain kegiatan apel yang diikuti oleh staf, pegawai dan hakim sebelumnya juga dilakukan berbagai kegiatan seperti jalan sehat hingga lomba-lomba menarik lainnya, dalam rangka memupuk rasa kekeluargaan, menjaga silaturahmi dan memperkuat kekompakkan dalam mendukung pelaksanaan tugas sehari-hari mereka dan melaksanakan apa yang jadi penekanan oleh Ketua Mahkamah Agung kepada mereka.

Ketua Pengadilan Negeri Sampit, Darminto Hutasoit membacakan amanat Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Prof. Dr. H.M. Syarifuddin menyebutkan hampir tiga tahun berada dalam kondisi pandemi, berperang melawan virus ganas bernama Covid-19, yang telah menelan korban hingga jutaan umat manusia. Gelombang demi gelombang silih berganti, melahirkan tragedi kemanusiaan dan bencana sosial di seluruh dunia.

Perjuangan yang telah menguras begitu banyak energi, serta melumpuhkan hampir semua sendi kehidupan manusia. Pandemi adalah sejarah kelam bagi peradaban umat manusia, namun sekaligus memberikan pelajaran berharga. Pelajaran tentang bagaimana bersyukur atas karunia yang diberikan Tuhan kepada kita.

Pelajaran tentang pentingnya saling peduli, saling membantu, saling tolong menolong, dan saling berbagi dengan sesama. Pandemi juga telah menyadarkan kita, betapa lemah dan tidak berdayanya manusia dihadapan mahluk, Tuhan yang amat kecil, namun mampu memporak porandakan kehidupan manusia.

BACA JUGA:   Sepasang Kekasih Dijatuhi Hukuman atas Kecurangan Pemilu 2024

“Warga peradilan di seluruh Indonesia yang saya banggakan, peringatan ulang tahun Mahkamah Agung ke-77 ini, memberikan arti yang sangat penting bagi kita, karena pada tahun ini, kita bisa merayakan kembali hari jadi Mahkamah Agung dengan suasana yang lebih meriah, setelah sebelumnya kita hanya bisa melaksanakannya dengan penuh keterbatasan,” katanya Jumat, 19 Agustus 2022.

Kemeriahan ini tentunya akan memberikan spirit, untuk bangkit kembali, menyongsong masa depan yang lebih cerah. Semangat kebangkitan ini, sesuai dengan tema dicanangkan dalam peringatan ulang tahun Mahkamah Agung kali ini, yaitu ‘bangkit bersama, tegakkan keadilan.

” Tema tersebut merupakan wujud kesadaran dan komitmen kita bersama, untuk menata ulang kehidupan yang lebih baik, sekaligus menjadi momentun untuk dapat menyatukan kembali tekad dan semangat kebersamaan dalam meraih cita-cita bagi terwujudnya lembaga Peradilan yang Agung dan Modern,” tukasnya.

Saat ini juga kata dia mereka sedang berlomba dengan pesatnya kemajuan teknologi. Jika tidak mampu merespons dengan cepat setiap kemajuan yang terjadi, maka akan terlindas oleh kemajuan itu sendiri. Teknologi saat ini tak ubahnya seperti medan magnet, yang bisa menghisap dan mengendalikan semua bidang kehidupan, sehingga kita dituntut untuk selalu responsif dan tanggap terhadap setiap perubahan yang terjadi, agar kita mampu menjadi pengendali, bukan sebaliknya, justru menjadi korban dari proses kemajuan zaman.

BACA JUGA:   Bupati Kotim Sambangi Lokasi Perkebunan di Pelantaran yang Jadi Sengketa

Tidak dapat dipungkiri, bahwa ke depannya teknologi akan memegang peranan penting di segala bidang. Sebuah ungkapan mengatakan “Barangsiapa yang menguasai teknologi, maka ia akan menguasai dunia,” tegasnya.

Sejarah telah membuktikan, bahwa semuanya harus mampu melewati masa-masa sulit di tengah kondisi pandemi, bahkan dapat mengambil hikmah dari kesulitan yang dialami.

“Kita tetap bisa berkarya di tengah segala keterbatasan yang ada, dengan menciptakan inovasi-inovasi baru melalui regulasi dan pengembangan teknologi. Beberapa waktu yang lalu, Mahkamah Agung telah meluncurkan berbagai aplikasi yang menunjang kinerja aparatur dan pelayanan publik, seperti Aplikasi e-BIMA, Aplikasi e-SADEWA, Aplikasi SISLITBANG, dan banyak aplikasi lainnya sebagai bentuk kreasi dan inovasi dari setiap satuan kerja di Mahkamah Agung maupun badan peradilan di seluruh Indonesia,” tegasnya.

Bertepatan dengan ulang tahun ke-77 ini, Mahkamah Agung juga akan meluncurkan dua aplikasi baru, yaitu Aplikasi e-PRIMA atau Elektronik Procurement Implementation Manajemen Acuntability, yang akan membantu dalam pengelolaan pelaksanaan pengadaan barang dan jasa pada Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ), serta Aplikasi e-BERPADU atau Elektronik Berkas Pidana Terpadu yang akan membantu dalam pelaksanaan penanganan perkara pidana secara elektronik.

Selain pengembangan berbagai aplikasi, Mahkamah Agung juga telah banyak meraih prestasi yang membanggakan 2022 kepada pihak-pihak yang telah menunjukan prestasi di bidang penyelenggraan peradilan dan pelayanan keterbukaan informasi publik.(naco)