Nyaris Sengat Warga Saat Mau Mandi ke Sungai, Sarang Tawon Vespa Dimusnahkan

ISKANDAR/BERITA SAMPIT: Sarang tawon Vespa saat dimusnahkan tim Damkar, Jum'at 19 Agustus 2022, malam di Juking Hara, Kelurahan Jambu, Kecamatan Teweh Baru, Kabupaten Barito Utara.

MUARA TEWEH- Kerap meresahkan warga di Juking Hara, Kelurahan Jambu sarang tawon jenis Vespa dimusnahkan petugas Damkar, Jum’at 19 Agustus 2022, malam, lantaran hendak menyengat warga saat mau mandi ke sungai.

“Sarang tawon vespa ini sudah hampir 5 bulan, kemarin ada yang dikejarnya saat warga mau mandi di sungai,” ujar Wahyu warga Juking Hara.

Wahyu mengaku berterima kasih karena sarang tawon yang dianggap berbahaya ini segera dievakuasi tim Damkar Barito Utara.

Kasatpol PP dan Damkar Kabupaten Barito Utara melalui Kabid Damkar dan Linmas Tri Indra Hartono mengatakan pihaknya mendapat laporan bahwa disekitaran Juking Hara, Kelurahan Jambu, Kecamatan Teweh Baru ada sarang tawon Vespa yang cukup besar.

BACA JUGA:   Pasutri Kendarai Sepeda Motor Hantam Belakang Truk hingga Patah Tulang

“Sarang Tawon Vespa ini lumayan besar. Alhamdulillah bisa kami evakuasi dan tidak ada korban,” ujar Tri.

Evakuasi sarang tawon Vespa itu berada disebuah pohon yang cukup tinggi, selain sempat mengejar warga, dibawah pohon itu juga tempat bermain anak-anak sekaligus tempat duduk warga sekitar.

“Biasanya di bawah pohon itu tempat bermain anak-anak dan duduk warga sini, kita bersyukur warga sudah merasa tenang karena tidak ada lagi ancaman maupun gangguan dari sarang tawon Vespa ini,” jelasnya.

Dikatakan Tri besar sarang tawon Vespa kurang lebih 1 meter, tim Damkar sengaja melakukan evakuasi malam hari guna menjaga keamanan dari serangan tawon, kurang lebih setengah jam evakuasi pun berjalan lancar.

BACA JUGA:   Garong Sawit Disuplai Sabu oleh Pengedar

“Diameternya kurang lebih 1 meter, kami lakukan evakuasi malam hari agar tawon tidak agresif, tadi kita lakukan pembakaran karena berada di atas pohon yang tinggi sekitar 15 meter,” jelasnya.

Tri juga meminta jika ada gangguan yang bersifat kedaruratan agar masyarakat dapat segera melaporkan ke petugas Damkar.

“Kami sangat mengharapkan partisipasi dari masyarakat agar dapat melaporkan jika ada gangguan yang bersifat darurat agar kami segera merespon dan masyarakat dapat tenang dalam kegiatan sehari-harinya,” pungkasnya. (isk).