Drama Enam Gol Warnai Laga Manchester City lawan Newcastle United

Logo Liga Inggris

JAKARTA – Laga Newcastle United lawan Manchester City berlangsung penuh drama dengan skor akhir 3-3 dalam lanjutan pekan ke-3 Liga Premier Inggris di St James Park, Newcastle yang berakhir pada Senin 22 Agustus 2022 dini hari WIB.

Newcastle unggul 2-1 di babak pertama lewat Miguel Almiron dan Callum Wilson, setelah tertinggal lewat gol Ilkay Guendogan pada menit ke-4.

Kieran Trippier sempat menjauhkan keunggulan Newcastle jadi 3-1. Namun, City dalam tempo dua menit mampu menyamakan skor lewat Erling Haaland dan Bernardo Silva.

Hasil ini membuat Manchester City kehilangan awal sempurnanya dan tertahan di posisi kedua dengan tujuh poin, selisih dua angka dari Arsenal di puncak Liga Inggris. Newcastle dengan 5 poin di posisi keenam.

City langsung menggebrak sejak menit awal dan unggul pada menit keempat lewat Ilkay Guendogan. Bernardo Silva menggiring bola dari sisi kanan dan mengirimkan umpan silang yang diselesaikan gelandang asal Jerman itu dengan dingin untuk menaklukkan Nick Pope dari jarak dekat. Skor menjadi 1-0.

Unggul 1-0 membuat City kian bersemangat menambah gol. Pada menit ke-10, Erling Haaland memberikan umpan terobosan kepada Kevin De Bruyne yang merangsek dari sisi kanan dan memasuki kotak penalti Newcastle.

De Bruyne coba menaklukkan di tiang dekat, tetapi upayanya masih bisa ditepis Pope. Kiper tim nasional Inggris itu lagi-lagi menyelamatkan gawang Newcastle saat menepis sepakan Phil Foden dari sisi kiri.

BACA JUGA:   Pembekuan Sepak Bola Dikhawatirkan Undang Sikap Keras FIFA

Peluang pertama Newcastle hadir pada menit ke-17 dari Miguel Almiron yang menerima umpan Allan Saint-Maximin, tetapi sepakan kaki kirinya membuat bola melayang jauh di atas mistar.

Saint-Maximin punya kans untuk bikin gol pada menit ke-25 yang bisa dimentahkan oleh Ederson.

Tim tuan rumah akhirnya bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-28 berkat gol Almiron. Saint-Maximin menggiring bola dari sisi kiri dan melepaskan umpan silang yang disambar Almiron di depan gawang dengan pahanya. Ederson gagal menghentikannya dan membuat skor 1-1.

VAR sempat meninjau gol itu karena ada potensi offside dari Almiron, sebelum akhirnya disahkan.

Newcastle berbalik unggul pada menit ke-39 dari sebuah serangan balik. Saint-Maximin berhasil melewati Kyle Walker dan mengirimkan bola ke Wilson yang ada di kotak penalti.

Wilson mengecoh Ruben Dias sebelum menembak ke sisi kanan Ederson untuk membuat skor jadi 2-1 yang bertahan hingga turun minum.

Masuk di babak kedua, City coba mengambil inisatif serangan lebih dulu demi menyamakan skor.

Pada menit ke-52, Ruben Dias mengirimkan bola ke Haaland yang melewati Sven Botman dan melepaskan sepakan yang bisa ditepis Pope.

Newcastle justru mencetak gol ketiga mereka dua menit kemudian. Kieran Trippier mengeksekusi tembakan bebas dengan jitu di depan kotak penalti. Bola mengarah ke pojok kanan atas tanpa bisa dihadang Ederson.

BACA JUGA:   Erik ten Hag Nyatakan Cristiano Ronaldo Tak Masuk Skuadnya saat MU lawan Chelsea

Meski tertinggal dua gol, City pantang menyerah dan berhasil memperkecil ketertinggalan pada menit ke-60 lewat Haaland. Penyerang asal Norwegia itu menyelesaikan umpan Rodri di tiang dekat untuk mengubah skor 3-2.

Pada menit ke-64, City berhasil menyamakan kedudukan. Bernardo Silva mendapat umpan terobosan dari De Bruyne dan menuntaskan dengan sepakan jarak dekat dalam situasi satu lawan satu dengan Pope.

Newcastle United nyaris bermain dengan 10 pemain pada menit ke-73 saat Trippier melanggar De Bruyne yang tengah berlari melakukan serangan balik.

Trippier langsung mendapatkan kartu merah karena dianggap pelanggaran membahayakan. Namun, VAR menganulir dan Trippier cuma dikartukuning.

Skor 3-3 bertahan hingga laga tuntas.

Susunan Pemain:
Newcastle United (4-3-3): Nick Pope; Kieran Trippier, Sven Botman, Fabian Schar, Dan Burn; Joe Willock (Sean Longstaff 69′), Bruno Guimaraes, Joelinton; Miguel Almiron, Callum Wilson (Chris Wood 69′), Allan Saint-Maximin.

Manchester City (4-3-3): Ederson; Kyle Walker, John Stones, Nathan Ake (Ruben Dias 21′), Joao Cancelo; Kevin De Bruyne, Rodrigo, Ilkay Gundogan; Phil Foden, Erling Haaland, Bernardo Silva

(ANTARA)

(Visited 13 times, 1 visits today)