Balai Bahasa Kalimantan Tengah Revitalisasi Empat Bahasa Daerah

Suasana Seminar Internasional Bahasa dan Sastra Daerah II atau Sinar Bahtera II di Kota Palangka Raya, Selasa (23/8/2022). (ANTARA/HO-Balai Bahasa Kalteng)

PALANGKA RAYA – Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah selama 2022 berupaya merevitalisasi empat bahasa daerah, yakni bahasa Dayak Ngaju, Dayak Maanyan, Dayak Ut Danum, dan Melayu Dialek Kotawaringin.

“Diharapkan revitalisasi bahasa daerah ini menjadi pemantik sekaligus memberikan arah dan panduan bagi kegiatan-kegiatan pada ranah pelindungan dan pelestarian serta mewujudkan ketahanan budaya yang kuat dan mantap,” kata Kepala Balai Bahasa Kalimantan Tengah Valentina Lovina Tanate di Kota Palangka Raya, Rabu 24 Agustus 2022.

Ia mengemukakan bahwa bahasa dan sastra daerah merupakan bagian dari kekayaan nasional sekaligus identitas dan cerminan karakter bangsa.

Kemajuan teknologi, ia melanjutkan, semestinya menjadi peluang untuk merancang teknik yang tepat dalam hal pelestarian dan pelindungan bahasa dan sastra daerah.

Valentina juga menjelaskan bahwa penyelenggaraan Seminar Internasional Bahasa dan Sastra Daerah II atau Sinar Bahtera II tahun ini merupakan bagian dari upaya untuk melestarikan bahasa dan sastra daerah.

“Terdapat 95 makalah pendamping yang akan dibentangkan dalam Sinar Bahtera II kali ini,” katanya.

“Semua makalah pendamping yang disajikan diharapkan memenuhi fungsinya, yaitu diseminasi hasil-hasil kajian, penelitian, atau pemikiran dalam bidang kebahasaan dan/atau kesastraan,” ia menambahkan.

(ANTARA)