Kondisi Ketenagakerjaan di Kalteng Membaik di Tengah Kondisi Pandemi

Hardi/BERITA SAMPIT - Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Kalteng, Katma F. Dirun saat memberikan sambutan pada rapat koordinasi perluasan kesempatan kerja.

PALANGKA RAYA – Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Kalteng, Katma F. Dirun menyampaikan kondisi ketenagakerjaan di Kalimantan Tengah per Februari 2022 tercatat membaik di tengah kondisi pandemi.

Berdasarkan laporan perekonomian Provinsi Kalimantan Tengah Mei 2022 yang dikeluarkan Bank Indonesia Kantor Perwakilan Kalimantan Tengah. Hal ini disampaikannya saat memberikan sambutan pada acara Secara Resmi Kegiatan Rapat Koordinasi Perluasan Kesempatan Kerja Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2022, Aula Hotel Dandang Tingang Palangka Raya, Kamis 25 Agustus 2022.

Ia menjelaskan, membaiknya kondisi ketenagakerjaan ditandai dengan turunnya Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) pada periode Februari 2022, dibandingkan Agustus 2021. Di sisi lain, tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) per Februari 2022 tercatat mengalami penurunan menjadi sebesar 66,94 persen dibandingkan Agustus 2021 yang sebesar 68,67 persen. Hal ini di

BACA JUGA:   Beasiswa Gerbang Mentaya Tuai Kritik Keras dari Kalangan Mahasiswa

“Saya percaya dalam forum ini akan dapat menghasilkan serta meningkatkan sumberdaya yang berdayaguna dalam bidang ketenagakerjaan dan transmigrasi terlebih khusus di masa pandemi covid 19 sehingga dapat membantu dalam peningkatan ekonomi,” ucapnya.

Sehingga kedepan akan lebih baik lagi, untuk mencapai suatu Koordinasi Peningkatan Pengelolaan Tenaga Kerja dan Transmigrasi di Provinsi Kalimantan Tengah.

“Saya mengharapkan agar perserta rapat dapat memberikan ide-ide dan masukan-masukan yang konstruktif, agar menghasilkan kesepahaman dan kesepakatan untuk mewujudkan peningkatan program serta kegiatan, yang dapat mendorong peningkatan serapan tenaga kerja dalam peningkatan ekonomi di Provinsi Kalimantan Tengah,” lugasnya.

BACA JUGA:   Diduga ada Pelanggaran Administratif Pemilu 2024, Bawaslu Kalteng Dampingi Sidang

Sementara itu, Ketua Panitia Rapat Koordinasi Perluasan Kesempatan Kerja Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2022 M Ridho menyampaikan, rapat koordinasi ini dilaksanakan dalam rangka mendapatkan masukan dan saran, menyamakan persepsi terkait dengan kebijakan kesempatan kerja di Provinsi Kalimantan Tengah.

Peserta Kegiatan Rapat Koordinasi Perluasan Kesempatan Kerja Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2022 berjumlah 40 orang terdiri dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Tengah, Biro Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Kalimantan Tengah, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi se-Kab/Kota, Bagian Kesra se-Kab/Kota serta BPJS Ketenagakerjaan se Kab/Kota. (hardi)