Atlet UCI MTB Mulai Uji Coba Lintasan Balap

Atlet sepeda mancanegara menjajal trek arena UCI MTB Eliminator World Cup 2022 di Palangka Raya, Jumat, (26//8/2022). ANTARA/Muhammad Arif Hidayat

PALANGKA RAYA – Para atlet sepeda dari berbagai negara mulai melakukan uji coba lintasan balap UCI MTB Eliminator World Cup 2022 di Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, Jumat 26 Agustus 2022.

“Ini sesi latihan bagi para atlet yang dilaksanakan sampai sekitar pukul jam 16.00 WIB,” kata Kabid Perlombaan PB ISSI Indra Dani.

Dia menjelaskan, dalam sesi latihan ini para atlet juga melakukan ‘track walk’, yakni berjalan atau menyusuri lintasan balap di seluruh sirkuit, untuk mengenal lebih dekat karakter dan tantangan pada lintasan.

Setelah itu para atlet mulai memacu kecepatannya di lintasan arena dan berhenti di beberapa titik dalam lintasan dan berbincang. Bahkan ada pula atlet yang terjatuh selama latihan.

“Besok para atlet juga akan kembali melakukan latihan sebelum bertanding pada Minggu 28 Agustus. Latihan besok dimulai dari jam 09.00-16.00 WIB,” kata Indra.

Berdasarkan hasil evaluasi, dia mengatakan, hanya ada sedikit perbaikan arena, seperti penambahan pasir dan lainnya. Namun secara umum, kondisinya saat ini sudah siap digunakan untuk pertandingan.

Sementara itu salah seorang atlet sepeda asal Austria, Elias, mengatakan, menghadapi turnamen Minggu nanti, dirinya lebih banyak melakukan persiapan menggunakan sepeda.

“Kami latihan daya tahan dan beberapa hal teknis yang juga kami persiapkan untuk pertandingan tersebut,” paparnya.

Di sisi lain, para atlet Indonesia juga sebelumnya sudah melakukan latihan selama beberapa hari terakhir, karena sudah lebih dulu tiba di Palangka Raya. Baik atlet putra maupun putri dari Indonesia, hari ini berfokus pada kecepatan dan ketepatan dalam melintasi trek.

Berdasarkan penjelasan dari PB ISSI, UCI MTB Eliminator World Cup 2022 akan diikuti puluhan peserta baik dari mancanegara maupun Indonesia sebagai tuan rumah. Ada dua kategori dalam kejuaraan ini, yakni Men Elite dan Women Elite.

(ANTARA)