Tiga Orang Korban Tenggelam di DAS Barito Akhirnya Ditemukan 

IST/BERITA SAMPIT: Warga penuhi bantaran sungai saat Tim SAR saat melakukan evakuasi para korban, Jumat, 26 Agustus 2022.

MUARA TEWEH – Petugas dari BPBD, Polri dan Basarnas dibantu masyarakat sekitar akhirnya menemukan korban tenggelam di Desa Buntok Baru, Kecamatan Teweh Selatan, Kabupaten Barito Utara, Kalteng.

Dari empat orang korban, tiga orang dinyatakan meninggal dunia dan satu korban selamat.

Tiga orang yang meninggal dunia adalah Fransisco Redi.S (28), Mohamad Ilham Wiradhika (23), dan Irwan Suseno (35) sedangkan satu lainnya dinyatakan selamat yakni Ikhsan Maulana (22).

Tim SAR melaporkan kronologi ditemukannya korban pertama sekitar pukul 09.30 WIB kurang lebih 200 meter dari lokasi kejadian.

Tak berselang lama, ditemukan korban kedua dan dievakuasi petugas ke posko camp AGU dilanjutkan menggunakan ambulan ke RSUD setempat.

Sekitar pukul 11.35 WIB kembali ditemukan korban terakhir di sekitar ferry penyeberangan sepeda motor seberang Desa Buntok Baru kurang lebih 200 meter dari lokasi penemuan korban kedua.

“Tim di lapangan, BPBD, Polri, Basarnas dibantu oleh warga Desa Buntok Baru dan sekitarnya melakukan evakuasi ketiga korban tersebut,” ujar Rizali Hadi, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik (Darlog) BPBD Barito Utara yang membenarkan penemuan para korban, Jumat 26 Agustus 2022.

Sebelumnya sebuah kelotok tenggelam pada Rabu 24 Agustus 2022 sekitar pukul 18.00 WIB. Kelotok yang dimuati empat orang itu hendak mengambil air bersih di sebuah mata air antara Desa Buntok Baru dan Butong.

Saat tenggelam ke empat korban sempat berenang dan berteriak meminta tolong kepada warga, lantaran air begitu deras warga hanya sempat menolong satu orang dan tidak menemukan yang lainnya. Setelah dilakukan pencarian akhirnya petugas menemukan tiga korban lainnya. (isk)