Ini Konsep Warung Berkah Kodim 1016

IST/BERITA SAMPIT - Danrem 102/Panju Panjung Brigjen TNI Yudianto Putrajaya (tengah) saat meresmikan Warung Berkah Kodim 1016

PALANGKA RAYA – Warung Berkah merupakan sebuah unit usaha dengan tata kelola manajemen yang sistematis dan terstruktur. Konsep Warung Berkah Kodim 1016 yang dibangun bagian integral dari Kampung Berkah. Hal ini disampaikan Dandim 1016 Palangka Raya, Letkol Inf Frans Kishin Panjaitan saat berada di Warung Berkah 1016 di Jalan Mahir Mahar Induk Km 17,5 Kelurahan Kalampangan, Kecamatan Sabangau, Kota Palangka Raya, Senin 29 Agustus 2022.

Ia menjelaskan, dalam perangkatnya terdapat ketua, sekretaris, bendahara dan seksi-seksi yang membidangi unit-unit usaha yang dikelola. Dengan konsep tersebut diharapkan Warung Berkah Kodim 1016 dapat berkembang pesat dan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat, serta menjadi ikon pengembangan ekonomi masyarakat.

“Di samping itu Warung Berkah ini hendaknya mampu bekerjasama dengan prinsip saling menguntungkan, dengan pelaku dan penggerak ekonomi di sekitarnya. Ciptakan jaringan yang kuat, apalagi di era saat ini, keberhasilan suatu usaha ditentukan sejauh mana mampu membuat jaringan,” ucapnya.

Sementara itu Walikota Palangka Raya Fairid Naparin berharap, warung ini dapat memberikan kontribusi positif bagi pembangunan dan dapat meningkatkan tingkat perekonomian di Kota Palangka Raya, pada umumnya dan khususnya Kelurahan Kalampangan.

“Saya sampaikan terima kasih pembangunan warung berkah Kodim 1016 ini dapat terlaksana dengan baik. Kerja keras kita semua ini akan membawakan hasil yang lebih baik,” ujarnya.

Kegiatan ini dipimpin dan diresmikan oleh Danrem 102/Panju Panjung Brigjen TNI Yudianto Putrajaya, dan dihadiri oleh Walikota Palangka Raya, Fairid Naparin.

Diketahui, sejak 1 Desember 2021, Korem 102/Panju Panjung telah menginisiasi dan mencanangkan program Kampung Berkah, sebagai bentuk dukungan penuh terhadap Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Program Kampung Berkah ini bertujuan untuk dapat membantu menormalisasi perekonomian masyarakat, secara berkelanjutan melalui pengembangan berbagai sektor ekonomi seperti pertanian, peternakan, perikanan dan UMKM yang disesuaikan dengan keunggulan dan kebutuhan spesifik di masing-masing wilayah. (hardi)