Kelurahan Mendawai Akan Buka Posyandu di Koramil 1014-06 Sukamara

BERBINCANG : ENN/BERITA SAMPIT - Lurah Mendawai bersama Danramil 1014-06 Sukamara saat berbincang, Senin 29 Agustus 2022.

SUKAMARA – Kelurahan Mendawai Kecamatan Sukamara bekerjasama dengan Koramil 1014-06 Sukamara akan membentuk sebuah Posyandu.

Lurah Mendawai, Ahmad Hasanuddin mengatakan bahwa pendirian posyandu di lingkungan Koramil 1014-04 Sukamara merupakan upaya pihaknya dalam memberikan pelayanan kesehatan prima kepada masyarakat.

“Nanti di posyandu itu kita pantau masalah stunting, lalu status gizi balita dan anak-anak yang ada di Kelurahan Mendawai, khususnya dilingkungan Kantor Koramil Sukamara,” kata Ahamd Hasanuddin, Senin 29 Agustus 2022.

Ahmadi Hasanuddin menjelaskan jika pihaknya juga telah berkoordinasi dengan pihak Koramil 1014-06 Sukamara terkait rencana tersebut yang nantinya akan melibatkan Persatuan Istri Prajurit atau Persit untuk kader posyandu tersebut.

BACA JUGA:   Pemkab Sukamara Salurkan Bansos untuk Warga di Kecamatan Jelai

“Selian itu kita juga berkerjasama dengan Puskesmas Sukamara untuk upaya pendirian posyandu di Koramil Sukamara nanti,” terang Ahmad Hasanuddin.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Sukamara Ari Junita menerangkan jika berdasar data Elektronik Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat (EPPGBM), prevalensi stunting Kabupaten Sukamara berada diangka 9,5 persen.

“Angka stunting di Sukamara sampai Agustus 2022 berdasarkan EPPGBM berada di prevalensi 9,5 persen. Tetapikan tidak bisa kita nilai sampai akhir tahun, ini bisa saja turun naik,” kata Ari Junita.

BACA JUGA:   Pemkab Sukamara Terus Upaya Semua Desa Terjangkau Sinyal Telekomunikasi

Pada awal tahun 2022 angka prevalensi stunting di Kabupaten Sukamara sebesar 18,33 persen pada 2022, dan targetnya angka stunting di Kabupaten Sukamara terus menurun, sehingga pihak Dinas Kesehatan Sukamara melakukan pemantauan dan validasi data terhadap anak-anak yang terdata stunting. (enn).