Pemkot Diminta Dampingi UMKM agar Naik Kelas

IST/BERITA SAMPIT - Ketua Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Nenie A. Lambung.

PALANGKA RAYA – Jajaran anggota DPRD Kota Palangka Raya meminta pemerintah daerah agar terus mendampingi para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) agar bisa naik kelas.

Hal itu disampikan oleh Nenie A Lambung selaku Ketua Komisi B, menurutnya tugas pemerintah dalam upaya membangkitkan UMKM tidak hanya cukup lewat Bantuan Langsung Tunai (BLT). Melainkan para pelaku UMKM tersebut bisa naik kelas dengan berbagai bantuan yang dikucurkan sebagai upaya bangkit dari keterpurukan akibat pandemi Covid-19.

BACA JUGA:   Legislator Ini Minta Masyarakat Kalteng Tolak Rencana Pembongkaran Gedung KONI

Meski BLT itu penting untuk mendorong kebangkitan UMKM, namun pendampingan juga perlu dilakukan agar usaha para pelaku UMKM bisa meningkat dan naik kelas.

“Pemkot harus bantu mereka untuk berusaha, BLT memang bagus tetapi kita harus membuat mereka naik kelas. Ketika mereka dibantu usahanya dengan peralatan, mereka bisa punya penghasilan dan bisa menyerap tenaga kerja lain,” katanya, Senin 29 Agustus 2022.

Politikus PDI Perjuangan itu menyampaikan bahwa disaat masa pandemi terjadi perubahan pola konsumsi barang dan jasa masyarakat dari offline ke online. Pelaku UMKM pasti kesulitan dalam mencapai target-target yang harus dicapai saat perekonomian terganggu.

BACA JUGA:   Dewan Minta PPPK Tingkatkan Kinerja dari Mutu Pendidikan dan Kesehatan di Katingan

Akibat dari perubahan pola itu, seyogyanya diikuti oleh pelaku UMKM agar dapat survive, serta bisa berkembang sehingga mampu menghadapi kondisi new normal. Hal ini pun perlu mendapat perhatian pemerintah tentang upaya meningkatkan pemahaman digital marketing UMKM. (im).