Terobosan Baru Pemdes Bukit Makmur, Tanah Desa Jadi Lahan Produktif

IST/BERITA SAMPIT - Penanaman bibit kelapa sawit di tanah Desa Bukit Makmur, yang dilakukan Camat Tualan Hulu Admadi Sastra, beberapa waktu lalu.

SAMPIT – Pemerintah Desa Bukit Makmur, Kecamatan Tualan Hulu, Kabupaten kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah berupaya menciptakan desa yang mandiri dengan terobosan baru, yaitu memanfaatkan tanah desa menjadi lahan produktif.

Selain itu, agar program tersebut bersinergis, kelompok tani yang dipercaya mengelola kebun tersebut juga mendapatkan bantuan bibit kelapa sawit dari perusahaan terdekat.

“Beberapa waktu lalu, kita melakukan kegiatan Launching Penanaman Sawit sebanyak 500 bibit bantuan oleh perusahaan pada Kelompok tani karya mulya,” kata Camat Tualan Hulu Admadi Sastra, Senin 29 Agustus 2022.

Dijelaskan, tanah kas milik Desa Bukit Makmur tersebut berukuran seluas 4 hektare, dengan kebutuhan bibit sekitar 550 pokok.

Selain itu, memanfaatkan tanah desa, menurut Admadi sangat membantu meningkatkan kesejahteraan dalam pelayanan masyarakat dan pemerintahan desa bukit makmur.

“Di samping itu juga, bermanfaat menggali sumber potensi pariwisata via home industri dalam menguatkan ketahanan pendapatan keluarga,” ujarnya.

“Pemanfaatan lahan tidur tanah kosong ini juga kerja sama pihak manajemen perusahaan sawit sekitar yang peduli dan membangun investasi yang sehat serta berkelanjutan,” pungkasnya (ilm).