Ganda Putra Indonesia Fajar/Rian Terlempar dari Lima Besar Dunia

Pebulu tangkis ganda putra Indonesia Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan setelah mengalahkan rekan senegaranya Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (kaos putih) di Metropolitan Gymnasium, Tokyo, Jepang hari Sabtu (27/8/2022). ANTARA/HO-PBSI/pri.

JAKARTA – Ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto terlempar dari posisi lima besar ke peringkat keenam dunia Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) setelah tersalip pasangan Malaysia Aaron Chia/Soh Wooi Yik.

Dalam daftar peringkat terbaru BWF untuk pekan ke-35 musim kompetisi 2022, Selasa, Aaron/Soh naik satu peringkat setelah memenangi Kejuaraan Dunia BWF 2022 di Tokyo, akhir pekan lalu, tukar tempat dengan Fajar/Rian yang harus puas dengan raihan medali perunggu di Tokyo.

Peringkat teratas ganda putra masih dipegang Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo meski keduanya harus tersingkir pada babak 16 besar Kejuaraan Dunia 2022.

Posisi Marcus/Kevin dibayangi pasangan Jepang Takuro Hoki/Yugo Kobayashi yang terpaut hanya 1000 poin.

Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan juga tak tergeser di posisi ketiga meski menjadi runner-up Kejuaraan Dunia 2022.

Namun para juara dunia 2022 pada sektor lain justru mengalami nasib berbeda. Pada sektor tunggal putri misalnya, pebulu tangkis Jepang Akane Yamaguchi yang menjadi juara dunia di Tokyo malah harus turun peringkat ke posisi kedua setelah tergeser oleh wakil Taiwan Tai Tzu Ying, yang pada Kejuaraan Dunia terhenti pada babak semifinal.

Nasib serupa juga dialami ganda campuran asal China Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong yang tetap bertahan di peringkat kedua BWF meski baru saja menjadi juara dunia 2022. Sedangkan posisi pertama masih dihuni pasangan Thailand Dechapol Puvaranukroh/Sapsiree Taerattanachai.

Adapun sektor tunggal putra masih dirajai pebulu tangkis Denmark Viktor Axelsen. Kemenangan Axelsen di Tokyo membawa dia makin kokoh di posisi teratas dengan selisih hampir 12.000 poin dari tunggal putra peringkat kedua Kento Momota.

Kenaikan peringkat dialami wakil Indonesia Anthony Sinisuka Ginting yang masuk ke lima besar dunia meski kalah pada perempat final Kejuaraan Dunia 2022 oleh Axelsen.

Sementara itu, Jonatan Christie turun ke peringkat delapan setelah tergeser oleh wakil Singapura Loh Kean Yew.

(ANTARA)