Polres Kobar Salurkan Bansos Kepada Warga Terdampak Banjir di Desa Nanga Mua

IST/BERITA SAMPIT - Inilah potret kegiatan Kapolres Kobar ke Desa Nanga Mua Kecamatan Aruta.

PANGKALAN BUN – Rombongan dari Polres Kotawaringin Barat (Kobar) telah melaksanakan kunjungan ke Desa Nanga Mua dalam rangka Silaturahmi dan memberi bantuan sosial (bansos) kepada warga Desa Nanga Mua Kecamatan Arut Utara (Aruta) yang terdampak banjir.

Kapolsek Aruta IPDA Agung Sugiharto, saat dikonfirmasi membenarkan. Pada Rabu, 31 Agustus 2022 telah kedatangan Kapolres Kobar AKBP Bayu Wicaksono, bersama rombongannya.

“Pak Kapolres didampingi Kasat Lantas, Kasi Propam, Kasat Narkoba, Kasi Humas Polres Kotawaringin Barat, disambut Camat, Dan Ramil 04 Aruta, Kades Nanga Mua, Perwakilan Pimpinan PT Astra, Perwakilan PT Korintiga Hutani dan tokoh masyarakat, agama, adat dan masyarakat Desa Nanga Mua,” kata Agung.

BACA JUGA:   Dinas PUPR Membangun Sejumlah Jamban Dan 20 WC Umum untuk Warga Terdampak Banjir

Lanjut Agung, bahwa Kapolres Kobar menyampaikan terima kasih atas sambutan warga serta unsur pemerintah desa dan kecamatan. Ia menyampaikan, warga yang bekerja di sekitar perusahaan agar tidak digeneralisasi seperti warga transmigran.

“Setelah menyerahkan bansos kepada warga, Kapolres juga menyampaikan sosialisasi kepada masyarakat tentang bahaya narkoba, serta tambang/illegal mining serta permasalahan kasus asusila,” ujar Agung.

Bahkan Kapolres juga menekankan kepada warga masyarakat di Kecamatan Aruta, untuk menghentikan pencurian Tandan Buah Segar (TBS) Sawit. “Dan terkait masalah sengketa tanah Kapolres siap menangani secara komprehensif serta terkait dengan lahan pemerintah daerah hanya merekomendasikan kepada Pemerintah pusat untuk diselesaikan,” ungkap Agung.

BACA JUGA:   Tingkatkan Pengamanan BMD Berupa Tanah, Pemkab Kobar Jalin Kerjasama Dengan Kantor Pertanahan

Khusus penanganan banjir, diupayakan relokasi selain memberikan bantuan sosial dan juga pelayanan kesehatan. Kapolres juga menyampaikan masyarakat harus tertib lalulintas yakni melengkapi surat-surat seperti SIM dan untuk bekerja di perusahaan diperlukan SKCK.

Terkait dengan masalah isu nasional yakni kenaikan BBM agar masyarakat tidak panik dan jangan membeli BBM dalam jumlah berlebihan.

“Dan anjuran Pak Kapolres, apabila ada warga Desa yang ingin menjadi anggota Polri bisa mendaftarkan diri langsung ke Kantor Polsek di Pangkuta, saya siap akan dibantu untuk mempersiapkan berbagai persyaratannya,” imbuh Agung. (Man).

(Visited 47 times, 1 visits today)