Menkominfo Rapat Bilateral dengan Jerman, Bahas Ini?

ANTARA FOTO/BERITA SAMPIT - Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny G. Plate dan Sekretaris Negara Kementerian Federal Digital dan Transportasi Jerman Stefan Schnorr dalam pertemuan bilateral di Nusa Dua, Bali, Rabu (31/08/2022).

NUSA DUA, BALI – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mengadakan pertemuan bilateral pada Rabu (31/8) malam dan dilanjutkan pada Kamis pagi bersama sejumlah Menteri bidang digital negara anggota G20 serta perwakilan negara lain dan organisasi internasional.

Pertemuan tersebut mendiskusikan seputar dukungan atas tiga isu prioritas dalam Kelompok Kerja Ekonomi Digital (DEWG) G20 dan persiapan Pertemuan Menteri Digital atau Digital Economy Ministers Meeting (DEMM) G20 yang akan digelar pada Kamis (1/9).

“Saya baru saja selesai rapat bilateral Indonesia dan Jerman, mendiskusikan persiapan-persiapan untuk DEMM. Kami berharap bahwa besok (Kamis) rapat bisa berjalan lancar sehingga bahan-bahannya menjadi acuan bagi KTT Leader Summit di pertengahan November nanti,” kata Johnny usai pertemuan bilateral dengan Sekretaris Negara Kementerian Federal Digital dan Transportasi Jerman Stefan Schnorr di Nusa Dua, Bali.

Setelah bertemu dengan Sekretaris Negara untuk Digitalisasi dan Kecerdasan Buatan Spanyol Carme Artigas pada Rabu (31/8) malam, Johnny mengatakan isu arus data lintas negara (cross-border data flow and data free flow with trust) mendapat perhatian perhatian yang sangat luas dari negara anggota G20.
​​
“Indonesia menyampaikan proposal untuk prinsip-prinsip tata kelola crossborder data, di antaranya lawfulness, fairness, dan transparancy yang kemudian disetujui. Ini suatu langkah maju yang luar biasa di antara anggota-anggota G20 yang telah menyetujui satu prinsip universal, crossborder data flow berbasis pada transparancy, lawfulness, dan fairness,” katanya.

Di samping pembahasan seputar DEWG dan DEMM G20, Johnny juga mendiskusikan peluang kerja sama dengan negara-negara dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) serta sektor digital dari hulu (upstream) hingga hilir (downstream), di antaranya termasuk Argentina, Spanyol, dan India.

Adapun negara G20 yang hadir dalam pertemuan bilateral pada Rabu (31/8) malam yaitu Argentina, Afrika Selatan, Jerman, India, Jepang, dan Britania.

Rencananya pada Kamis pagi ini, Johnny juga akan melanjutkan pertemuan bilateral dengan Australia, UAE, dan Arab Saudi.

Selain negara G20, Johnny juga telah mengadakan pertemuan bilateral dengan Singapura, Kamboja, Belanda, dandan Spanyol. Sementara organisasi internasional antara lain dari International Telecommunication Union (ITU) dan Economics and Social Commission for Asia and the Pasific (ESCAP).

Setelah pertemuan bilateral rampung, Johnny akan membuka sidang DEMM G20. Sidang tersebut akan kembali membahas rancangan deklarasi “The Bali Package” dan akan difinalisasi oleh para Menteri bidang digital.

Sebelumnya sidang keempat DEWG G20 telah dilaksanakan yang dimulai pada Senin (29/8) dan berakhir pada Selasa (30/8). Tiga putaran sidang sebelumnya yang masing-masing membahas tiga isu prioritas juga sudah dilaksanakan pada Maret, Mei, dan Juli. (Antara).