Pelaku IKM di Gunung Mas Diminta Maksimalkan Keberadaan Ruang Pamer Dekranasda

Ketua Dekranasda Gunung Mas, Mimie Mariatie Jaya S Monong memamerkan berbagai cenderamata yang ada di showroom Dekranasda setempat di Kuala Kurun, Rabu (31/8/2022). ANTARA/HO-Diskominfosantik Gunung Mas

KUALA KURUN – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Mimie Mariatie Jaya S Monong mengajak pelaku industri kecil dan menengah (IKM) agar memanfaatkan secara maksimal keberadaan showroom atau ruang pamer Dekranasda kabupaten setempat.

“Caranya adalah dengan menitipkan berbagai produk yang dihasilkan di showroom Dekranasda Gunung Mas,” kata Mimie kepada awak media di Kuala Kurun, Kalteng, Kamis.

Menurut dia, ruang pamer Dekranasda Gunung Mas merupakan pusat cenderamata. Pelaku IKM bisa menitipkan produk yang dihasilkan di gedung tersebut, tanpa dipungut biaya sepeser pun.

Selain itu, lanjutnya, keberadaan ruang pamer Dekranasda Gunung Mas bertujuan untuk mendukung pemasaran produk yang dihasilkan oleh pelaku IKM di wilayah setempat.

“Sejauh ini, pelaku IKM dari berbagai kecamatan telah memanfaatkan keberadaan showroom Dekranasda Gunung Mas, untuk memasarkan produk yang mereka hasilkan,” kata dia.

BACA JUGA:   MGMP IPA Terpadu Diharapkan Tingkatkan Keterampilan Guru dalam Proses Belajar Mengajar

Namun tidak menutup kemungkinan masih ada pelaku IKM yang belum memanfaatkan keberadaan ruang pamer Dekranasda Gunung Mas. Oleh sebab itu, bagi yang belum memanfaatkan diminta untuk tidak ragu menitipkan produk mereka ke ruang pamer Dekranasda Gunung Mas.

“Pelaku IKM bisa menitipkan produk ke ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) kecamatan tempat masing-masing mereka berdomisili. Nantinya ketua TP PKK kecamatan akan mengantar ke showroom Dekranasda Gunung Mas,” kata dia.

Selain itu, nantinya ketua TP PKK kecamatan juga akan mengurus keuntungan yang diperoleh pelaku IKM, jika produk yang mereka titipkan di ruang pamer Dekranasda Gunung Mas laris terjual.

Dengan adanya bantuan dari ketua TP PKK kecamatan, diharap pelaku IKM semakin mudah memasarkan produk di ruang pamer Dekranasda Gunung Mas, tanpa harus direpotkan dengan urusan pendistribusian.

Showroom Dekranasda Gunung Mas terletak di pusat kota Kuala Kurun, sehingga akan lebih mudah bagi pelaku IKM untuk memasarkan produk-produk mereka. Jadi keberadaan showroom harus dimanfaatkan semaksimal mungkin,” kata dia.

BACA JUGA:   Bocah 13 Tahun Ditemukan Tewas Setelah 1 Hari Tengelam di Sungai Kahayan Kecamatan Kurun

Lebih lanjut, saat ini ada berbagai produk cenderamata yang tersedia di ruang pamer Dekranasda Gunung Mas, di antaranya batik khas daerah, anyaman rotan, tas, dan lainnya.

Bagi masyarakat atau wisatawan yang ingin mencari cenderamata khas daerah, bisa datang dan membeli di ruang pamer Dekranasada Gunung Mas. Ruang pamer tersebut beroperasi setiap hari, mulai pukul 07.00-16.00 WIB.

“Produk yang ada di showroom Dekranasda Gunung Mas kualitasnya terbilang baik. Kami juga tidak menaikkan harganya, jadi harga memang sesuai yang dipatok oleh pelaku IKM,” kata Mimie.

(ANTARA)

(Visited 34 times, 1 visits today)