Sejumlah Wilayah Di Gunung Mas Terendam Banjir 

IST/BERITA SAMPIT - Kondisi banjir disalah satu sekolah yang ada di Kecamatan Tewah Kabupaten Gunung Mas.

KUALA KURUN – Curah hujan yang tinggi dan meluapnya anak sungai DAS Kahayan, membuat sejumlah Wilayah di Kabupaten Gunung Mas (Gumas) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) terendam banjir.

Di Tumbang Miri Kecamatan Kahut, ketinggian air sekitar dua meter dari batas normal sungai. Akibatnya 120 rumah terendam banjir, 120 rumah, 150 KK atau 500 jiwa ikut terdampak. Banjir juga menggenangi SDN Penda Rangas, SDN Tumbang Ponyoi, SDN Tumbang Takaoi, Kantor Desa Tumbang Takaoi, Gereja Efata Tumbang Ponyoi.

Tidak ada laporan korban jiwa, sedangkan akses jalan yang terendam banjir diantaranya di Tumbang Miri, Tumbang Pasangon, Dandang, Batu Tangkoi, Tumbang Hamputung.

Selanjutnya Kecamatan Damang Batu menyebabkan beberapa kelurahan maupun desa yang terdampak akibat banjir tersebut, diantarnya , Tumbang Anoi, Maraya, Lawang Kanji dan Tumbang Marikoi.

Ketinggian air didaerah ini sekitar satu meter dari batas normal sungai dan untuk jumlah rumah yang terdampak ada sekitar, 200 rumah dengan jumlah 300 KK atau 800 Jiwa.

Fasilitas umum yang terendah banjir, Gereja Pandohop Marikoi, SDN Lawang Kanji, SMPN Satap Lawang Kanji, Postu Tumbang Anoi. Jalan yang terdampak berada di Tumbang Anoi, Tumbang Maraya dan Lawang kanji.

BACA JUGA:   Camat, Lurah dan Kades Diminta Hidupkan Kembali Semangat Posyandu

Kecamatan Miri Manasa dengan jumlah Desa/Kelurahan yang terdampak, nihil. Dimana ketinggian air sekitar, 1,5 meter dari batas normal sungai.

Adapun jumlah rumah, 50 Rumah, 100 KK, 250 Jiwa dan fasilitas umum yang terdampak ialah, Puskesmas Napoi Gereja Efata Napoi, SDN Napoi, SMAN Napoi, Kantor Kecamatan Napoi, Kantor Kelurahan Tumbang Napoi.  Jalan Rawan Terendam/terdampak banjir ada tiga yaitu Tumbang Napoi, Buntoi, Tumbang Lapan, Mangkuhung.

Selanjutnya untuk, Kecamatan Tewah, jumlah desa dan Kelurahan yang terpendam banjir diantaranya ialah :  Kelurahan Tewah dan Desa Sarerangan dengan Ketinggian air sekitar dua meter dari batas normal sungai.

Adapun jumlah rumah yang terendam banjir sekitar 80 Rumah, 150 KK, 1.000. Jiwa. Dimana fasilitas umum yang ikut terendam adalah,  SDN Tewah.

Adapun jalan terendam banjir ialah, jalan Rawan, Menteng 1 dengan kedalaman air  30 cm-60 cm, dan saat ini air masih naik, Jln. Menteng 2 dengan kedalaman air -+ 20 cm s.d 30 cm, jalan Patahu dengan kedalaman air -+ 20 cm s.d 40 cm, jalan Temanggung Kanya kedalaman air -+ 20 cm s.d 50 cm,  Jalan Perintis 12  dengan kedalaman air  -+ 20 cm s.d 60 cm.

BACA JUGA:   Belasan Desa di Gunung Mas Akan Nikmati Listrik PLN pada Pertengahan Desember

Selanjutnya, Jalan Atg ragam  dengan kedalaman air -+ 20 cm s.d 30 cm, jalan Hentak dengan kedalaman air  -+ 20 cm s.d 50 cm dan beberapa titik  pemukiman (rumah) dan ruas jalan  yang terendam banjir yaitu RT. 05  jumlah 15 KK, RT. 07 jumlah 30 KK, RT. 12. Jumlah 4 KK, jalan Tewah kurun untuk RT 2. Tidak bisa lewat dan Jalan Perintis RT. 12. Tidak bisa dilewati.

Sedangkan Kecamatan Kurun jumlah Desa/Kelurahan terdampak banjir ialah : Kelurahan, Kelurahan Tampang T. Anjir dengan ketinggian air sekitar satu meter dari batas normal sungai.

Adapun jumlah rumah yang terdampak, 150 rumah, 300 KK, 800 Jiwa, adapun fasilitas umum, nihil korban jiwa nihil, dan saat ini terdampak banjir, Jalan Sangkurun Tampang T. Anjir. (ale)

(Visited 42 times, 1 visits today)