Sekda Gumas: Kabupaten Sehat Suatu Proses Menciptakan dan Meningkatkan Kualitas Lingkungan, Sosial dan Budaya

IST/BERITA SAMPIT - Sekda Kabupaten Gunung Mas, Yansiterson saat foto bersama.

KUALA KURUN – Kabupaten atau kota sehat adalah suatu kondisi daerah yang bersih, nyaman, aman, dan sehat untuk dihuni penduduk dengan dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan kegiatan yang terintegrasi serta disepakati masyarakat dan pemerintah daerah.

Demikian yang disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gunung Mas, Yansiterson, saat membuka Rapat Konsolidasi dan Pembahasan Program Kerja Forum Kabupaten Gunung Mas Sehat yang dilaksanakan di Lantai I Kantor Bupati, Senin 5 September 2022.

Dikatakan, untuk menuju Kabupaten Sehat merupakan suatu proses yang berjalan terus menerus dengan menciptakan dan meningkatkan kualitas lingkungan, baik fisik, sosial, budaya.

BACA JUGA:   Tanaman Jagung Hibrida Diharapkan Lebih Intensif Setiap Tahun

“Dimana hal tersebut mengembangkan potensi- potensi ekonomi masyarakat dengan cara memberdayakan mereka, agar saling mendukung dalam menerapkan fungsi-fungsi kehidupan, guna membangun potensi maksimal suatu Kabupaten dalam bidang terkait kesehatan,” katanya.

“Pelaksanaan Kabupaten Sehat, diwujudkan dengan menyelenggarakan semua program yang menjadi permasalahan atau potensial di daerah secara bertahap, yang dimulai dengan kegiatan prioritas bagi masyarakat di kecamatan dan desa/kelurahan, dengan koordinasi, kolaborasi, sinergitas dan integrasi lintas sektor/lintas Program,” terang Yansiterson.

BACA JUGA:   Pengurus TP-PKK Gumas Masa Bakti 2019-2024 Dikukuhkan, Ini Harapan Bupati

Pelaksanaan kabupaten sehat, lanjutnya, juga dilaksanakan dengan menempatkan masyarakat sebagai pelaku pembangunan, yaitu melalui pembentukan atau pemanfaatan Forum Kabupaten Sehat atau nama lain yang disepakati masyarakat, dengan dukungan Pemerintah Daerah.

“Ini akan dimulai dari input, proses, output, berjalan terus-menerus, dengan kegiatan prioritas, dan dicapai dalam waktu yang disepakati bersama antara masyarakat dan semua stakeholder yang terkait,” tuturnya. (ale)

(Visited 17 times, 1 visits today)