Gunung Mas Siap Wujudkan Kabupaten Sehat

IST/BERITA SAMPIT - Ketua Umum Forum Kabupaten Gunung Mas Sehat, Mimie Mariatie (tengah baju putih) saat foto bersama dengan Sekda Gumas, Yansiterson Anggota DPRD, Iceu Purnamasari dan para peserta.

KUALA KURUN – Ketua Umum Forum Kabupaten Gunung Mas Sehat (FKGMS), Mimie Mariatie mengatakan, Kabupaten Gumas diharapkan dapat mengikuti dan menerapkan kabupaten sehat. Salah satu indikator untuk menciptakan masyarakat sehat dapat diwujudkan melalui forum yang difasilitasi oleh pemerintah daerah secara terarah, terkoordinasi, terpadu, dan berkesinambungan.

Dimana, salah satu aspek pembangunan yang akan sangat menentukan dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia adalah faktor kesehatan, yakni untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan pola hidup sehat bagi masyarakat, senantiasa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Hal ini harus dijadikan kebiasaan agar esensi dari hidup sehat bisa dirasakan dalam kehidupan sehari-hari dan membiasakan masyarakat untuk hidup sehat,” terang Mimie Mariatie, Senin 5 September 2022.

“Kami sangat mengharapkan dukungan dari semua pihak, terutama Tim Pembina Kabupaten Sehat Gumas, dan stakeholder untuk berjuang bersama mewujudkannya, demi terwujudnya Gunung Mas yang bermartabat, maju dan berdaya saing, sejahtera, dan Mandiri,” sambungnya.

Dijelaskannya juga, bahwa penyelenggaraan kabupaten sehat dilakukan melalui berbagai kegiatan dengan memberdayakan masyarakat yang difasilitasi oleh Pemerintah Kabupaten dan lintas sektor untuk mewujudkan kabupaten sehat melalui FKGMS yang sudah dibentuk oleh Bupati Gunung Mas.

“Guna mendukung pelaksanaan tatanan itu di masyarakat, dimana rencana selanjutnya forum ini segera untuk membentuk Forum, Pokja di tingkat kecamatan, kelurahan, desa sehat sesuai dengan kegiatan dan kebutuhan masyarakat dan menyusun program kerja jangka pendek dan jangka panjang,” tutup Mimie Mariatie.

Diketahui, Forum Kabupaten Gunung Mas terbentuk melalui Keputusan Bupati Gunung Mas Nomor 164 RI tahun 2022 tanggal 22 April 2022 Tentang Pembentukan Forum Kabupaten Gunung Mas Sehat. Dikukuhkan oleh Bupati Gunung Mas pada tanggal 18 Mei 2022 yang lalu.

(ale)