Dewan Apresiasi Sekolah Penggerak di Barito Utara

ISKANDAR/BERITA SAMPIT: Anggota DPRD Kabupaten Barito Utara Netty Herawati.

MUARA TEWEH – Anggota DPRD Barito Utara Nety Herawati mengapresiasi adanya sekolah penggerak di Kabupaten Barito Utara. Ia pun menyambut baik sekolah penggerak menurutnya dapat meningkatkan mutu pendidikan agar lebih maju.

“Saya sebagai anggota DPRD yang membidangi pendidikan sangat menyambut baik dengan terpilihnya beberapa sekolah dasar (SD) di Barito Utara menjadi sekolah penggerak,” ujar Nety, Rabu 7 September 2022.

Katanya, sekolah penggerak berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik mewujudkan profil pelajar pancasila yang mencakup kompetensi kognitif serta non kognitif diawali SDM yang unggul baik kepala sekolah maupun guru.

“Karena sekolah penggerak berfokus kepada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik dan profil pelajar pancasila, untuk meningkatkan kualitas belajar siswa 1-2 tahap lebih maju dalam kurun waktu 3 tahun ajaran,” ungkapnya.

Disampaikannya sekolah penggerak adanya kolaborasi antara Kemendikbud dan Pemerintah Daerah, untuk itu mutu dari guru dan pembelajaran bagi anak didik lebih meningkat dan terpenuhi lagi.

“Program sekolah penggerak berbeda dengan program sekolah model atau sekolah rujukan, adanya kolaborasi antara Kemendikbud dengan Pemerintah Daerah, adanya pelatihan dan pendampingan kepala sekolah dan guru, pembelajaran dengan paradigma baru, perencanaan berbasis data, dan digitalisasi sekolah,” ungkapnya.

Ia berharap setiap sekolah akan bergerak ke arah yang lebih baik dan dapat menggerakkan dirinya dan sekolah lain.

“Banyak keuntungan yang akan didapat bagi sekolah yang melaksanakan program sekolah penggerak, yakni peningkatan mutu hasil belajar dalam kurun waktu 3 tahun, sekaligus mendapatkan pendampingan intensif dan memperoleh tambahan anggaran untuk pembelian buku bagi pembelajaran dengan paradigma baru,” tutupnya.

Beberapa sekolah penggerak jenjang SD yakni angkatan 1 tahun 2021, SDN 2 Jambu, SDN 1 Trahean, SD Santa Maria, SD Batara Berjaya.

Seanjutnya untuk angkatan 2 tahun 2022, SDN 4 Jingah, SDN 2 Jingah, SDN 4 Hajak, SDN 1 Melayu, SDN 8 Melayu, SDN 8 Lanjas, SD Muhammadiyah, SDN 2 Trinsing, SDN 1 Benao Hulu dan angkatan 3 tahun 2022, SDN 2 Lemo 2. (isk)