Pelatihan Kerja di Sukamara Sepi Pendaftar

Merias : IST/BERITA SAMPIT - Salah satu jurusan dalam pelatihan kerja yang digelar BLK Sukamara

SUKAMARA – Kepala Dinas Nakertrans Sukamara, Warianto melalui Kepala UPT Balai Latihan Kerja (BLK), Taufik Mulyadi mengatakan bahwa untuk peserta pelatihan kerja di Kabupaten Sukamara masih tergolong minim peminat.

Hal itu diungkapkan lantaran hingga saat ini untuk pendaftar pada pelatihan kerja yang telah dibuka oleh BLK Sukmara masih belum memenuhi kuota yang ditetapkan.

“Kita buka pendaftaran untuk pelatih kerja itu ada empat jurusan dan setiap jurusan itu hanya 16 orang kuotanya,” kata Taufik Mulyadi, Kamis 8 September 2022.

Peserta yang telah mendaftar pada jurusan garmen aparel program pelatihan menjahit dengan mesin ada 12 orang, lalu pada jurusan pariwisata dengan program pelatihan bakery 14 orang.

Selanjutnya untuk jurusan refrigeration dengan program pelatihan teknisi refrigerasi domestik seperti servis AC dan Kulkas ini yang mendaftarkan diri baru empat orang.

Terakhir jurusan tata kecantikan dengan program pelatihan tata rias kecantikan yang mendaftar ada tujuh orang.

“Sehingga masih kita buka pendaftaran untuk peserta pelatihan,” terangnya.

Hal yang membuat kurang diminati pelatihan kerja tersebut, lantaran jurusan yang dibuka belum sesuai dengan yang diinginkan oleh masyarakat.

“Jurusan yang dibuka dengan jumlah kuota sudah ditentukan oleh BLK Pusat jadi kita melaksanakannya,” tukas Taufik. (enn)