Anggota DPRD Kobar Sri Lestari: Pengalihan penyetoran PBB-P2 Langsung ke Daerah Peluang Tingkatkan PAD

Anggota DPRD Kobar Sri Lestari

PANGKALAN BUN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) saat ini sedang memperjuangkan pengalihan penyetoran Pajak Bumi Bangunan, Perkotaan dan Pedesaan (PBB-P2) langsung ke daerah.

Hal tersebut diapresiasi dan didukung DPRD Kobar, karena pengalihan penyetoran tersebut demi pemerataan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

“Saya sangat mengapresiasi dan mendukung, perjuangan Pemkab Kobar tersebut karena nantinya  banyak potensi dari pengalihan PBB-P2 itu, yang semuanya telah tertuang dalam PMK No 48 /PMK. 03. 2021,“ kata Anggota DPRD Kobar Sri Lestari, Jumat 9 September 2022.

Menurut politisi Partai Gerindra ini, pengalihan penyetoran PBB – P2 merupakan peluang untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Jadi yang awalnya di setorkan ke pusat langsung oleh pihak perusahaan kelapa sawit, kini sedang diupayakan penyetorannya langsung ke kas daerah,” katanya.

Sejak Pandemi Covid-19 melanda, lanjut Sri Lestari, banyak sektor PAD yang tidak mencapai target, kemudian pemerintah daerah pun terus berupaya mencari terobosan baru, misal belajar dari Kabupaten Kotawaringin Timur maupun Seruyan.

“Karena ada dua Kabupaten di Kalteng ini telah menerapkan, dan untuk Kobar sendiri sudah mengajukan. Bahkan telah menggelar rapat dengan pihak Perusahaan perkebunan kelapa sawit, pada prinsipnya Insya Allah rencana ini mendapatkan respon yang baik dari pihak perusahaan,” imbuh Sri.

Hanya saja pihak perusahaan pun meminta regulasi yang pasti perihal pengalihan itu, karena regulasi itu sebagai kekuatan hukum, agar kedepanya tidak ada masalah. Selain regulasi juga data yang konkrit. Hal ini harus cepat di respon oleh pemerintah daerah Kobar.

“Jika di Kobar banyak terdapat Perusahaan Besar Swasta (PBS) kelapa sawit, tentunya hal ini membawa angin segar bagi daerah, dalam upaya meningkatkan pendapatan asli daerah, selain PBB-P2 masih banyak sektor pajak lainya yang dapat di tarik oleh daerah,” katanya.

Seraya menambahkan, dengan banyaknya investor di Kabupaten Kobar Sri Lestari mengharapkan keberadaan investor bisa berbanding lurus, baik dengan rencana pembangunan kedepan dan khususnya dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat  di Kabupaten Kobar. (man)