Disdukcapil Gumas Jemput Bola Perekaman KTP Elektronik di Sekolah

IST/BERITA SAMPIT - Kalangan Pelajar SMAN 1 Kurun saat perekaman KTP elektronik.

KUALA KURUN – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) melakukan pelayanan jemput bola administrasi perekaman KTP elektronik di setiap sekolah yang ada di daerah setempat.

Ratusan peserta didik di SMA N 1 Kurun telah mengikuti kegiatan perekaman KTP elektronik yang diselenggarakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) setempat pada tanggal 1-2 September 2022 lalu.

“Beberapa waktu yang lalu, kami telah melakukan perekaman KTP Elektronik di SMAN 1 Kurun, dan ada 118 peserta didik yang sudah melaksanakan perekaman KTP Elektronik,” kata Kepala Disdukcapil Kabupaten Gunung Mas, Barthel melalui Kepala Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil, Iis Yukensi, Jumat 9 September 2022.

BACA JUGA:   Tuntut Penyelesaian Sengketa Lahan, Warga Desa Katanjung Kecamatan Kapuas Hulu Bangun Tenda di Kantor PT STPT

Dia mejelaskan, kegiatan tersebut merupakan kegiatan pelayanan jemput bola administrasi kependudukan dan Layanan “Senyum Tabela” KTP elektronik. Senyum Tabela merupakan singkatan dari “uSia Enam belas tahun YUk sudah bisa Rekam KTP-elektronik, TAnpa pungutan Biaya sEmua LAyanan gratis”.

Tujuan digelarnya kegiatan tersebut yakni sebagai upaya Disdukcapil Kabupaten Gunung Mas dalam percepatan kepemilikan KTP Elektronik dan juga sebagai persiapan bagi para pemilih pemula dalam menyambut pemilihan umum serentak tahun 2024.

“Selain perekaman KTP Elektronik, Disdukcapil juga membuka pelayanan lain, ada 14 perbaikan atau pembuatan akta kelahiran dan 15 perbaikan kartu keluarga,” tuturnya.

BACA JUGA:   Pemkab Gunung Mas Alokasikan Dana Rp3,7 Miliar untuk Kendalikan Inflasi

Lebih lanjut dikatakannya, sebelum membuka pelayanan di SMAN 1 Kurun, Disdukcapil Kabupaten Gunung Mas telah menggelar kegiatan pelayanan jemput bola administrasi kependudukan dan Layanan “Senyum Tabela” KTP – elektronik di SMKN 1 Kurun, SMAN-1 Tewah, SMAN 1 Rungan dan SMAN 1 Manuhing.

“Selain itu, dalam waktu dekat ini pihak Disdukcapil Kabupaten Gunung Mas akan berkoordinasi dulu dengan pihak sekolah Katholik terkait dengan pelayanan ini,” tutup Iis Yukensi. (ale).

(Visited 21 times, 1 visits today)