Maksimalkan Layanan, DLH Sukamara Akan Tambah Armada Angkutan Sampah

Angkutan Sampah : ENN/BERITA SAMPIT - Armada angkutan sampah di Kabupaten Sukamara masih belum maksimal layani masyarakat.

SUKAMARA – Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sukamara, Fakhmy Rizal mengatakan bahwa hingga saat ini sarana prasarana pengangkut sampah dari TPS Kawasan ke TPA masih belum memadai dan maksimal.

Hal itu lantaran DLH Sukamara hanya memiliki empat unit armada truk pengangkut sampah, sementara untuk jumlah sampah yang harus diangkut mencapai 350 ton setiap bulan.

Jumlah tersebut belum termasuk sampah dari empat kecamatan lainnya yang harus diangkut juga ke Tempat Pengolahan Akhir (TPA) sampah.

BACA JUGA:   Amankan Pasokan dan Harga Pangan, Pemkab Sukamara Gelar Pasar Murah 

Hal itu menyebabkan kurang maksimalnya pelayanan pengangkatan sampah, sehingga tidak semua sampah bisa terakut dalam waktu sehari

“Kadang masih ada sisa sampah yang belum sempat terangkut dalam waktu sehari, karena memang kekurangan armada angkutan truk sampah,” kata Fakhmy Rizal, Jumat 9 September 2022.

Untuk menyiasati masalah tersebut, pada tahun ini, DLH Sukamara akan menambah satu unit armada truk pengangkut sampah yang diharapkan dapat membantu permasalahan pengangkutan sampah di Sukamara.

BACA JUGA:   Pemkab Sukamara Ikuti Apel Siaga Pengamanan Pasokan dan Harga Pangan 

“Karena itu tahun ini kita melakukan pengadaan satu unit armada truk untuk membantu kegiatan pengangkutan sampah dari TPS Kawasan ke TPA atau tempat pengelolaan akhir,” jelasnya.

“Harapan kita dengan adanya tambahan armada truk pengangkut sampah ini bisa sedikit memaksimalkan mengakutan sampah,” tukas Fakhmy Rizal. (enn)