Hampir Sepekan Banjir Rendam Desa Hanjalipan Kotim, Ketinggian Capai Dua Meter

ILHAM/BERITA SAMPIT - Wakil Bupati Kotim Irawati, saat meninjau langsung lokasi banjir di Desa Hanjalipan, Kecamatan Kota Besi, Sabtu 10 September 2022.

SAMPIT – Sudah hampir sepekan ini Desa Hanjalipan, Kecamatan Kota Besi, Kabupaten Kotawaringin Timur, Provinsi Kalimantan Tengah, tergenang banjir cukup parah dengan ketinggian mencapai dua meter.

Untuk mengetahui secara langsung kondisi banjir, Wakil Bupati Kotim Irawati didampingi Kepala BPBD Kotim Rihel meninjau lokasi banjir di desa tersebut, Sabtu 10 September 2022.

“Hari ini kita berada di Desa Hanjalipan, yang mana di sini terdapat 125 rumah dari 440 KK atau kurang lebih 1.742 jiwa terdampak banjir kiriman ini,” kata Irawati.

Selain meninjau lokasi, Irawati juga membawa bantuan berupa sembako yang akan dibagikan kepada para korban banjir di Desa Hanjalipan, yang kondisinya sudah cukup memprihatinkan.

“Alhamdulillah, hari ini kita bersama BPBD sudah memberikan bantuan berupa sembako. Sebelumnya memang kita sudah menyediakan lumbung sosial di desa ini dan bisa digunakan pada saat terjadi musibah banjir seperti ini,” jelasnya.

Sebelumnya Pemkab Kotim sudah menyalurkan 75 paket sembako, ditambah lagi 50 paket, Wabup berharap mencukupi dan mengurangi sedikit beban bagi 125 KK yang terdampak banjir.

Irawati juga mengimbau kepada warga Desa Hanjalipan, mengingat intensitas hujan yang tinggi di hulu dan akan memicu luapan air, apa lagi Desa Hanjalipan merupakan wilayah pertemuan dua arus sungai yaitu sungai Mentaya dan sungai Tualan.

“Kita telah menerima laporan yang disampaikan oleh Camat Antang Kalang, Telaga Antang, dan Mentaya Hulu sudah banjir sekitar 2 meter, nantinya itu pasti kirimannya akan ke sini, karena di sini akhirnya air itu dan pasti akan lebih tinggi lagi,” terang Irawati.

“Kami berharap agar masyarakat berhati-hati, kalau memang bisa mengungsi ke tempat yang lebih tinggi. Saya sudah berpesan kepada kepala desa agar menyosialisasikan kepada warganya,” pungkasnya. (ilm).