Masyarakat Barito Timur Diajak Tingkatkan Produktivitas Perikanan

Wabup Bartim Habib Said Abdul Saleh Al Qadri (keempat kanan) menyempatkan berfoto bersama sebelum pelaksanaan restocking benih ikan di Dam Karau Desa Netampin, Kecamatan Dusun Tengah, Kamis (8/9/2022). ANTARA/HO-Diskominfosantik Bartim

TAMIANG LAYANG – Wakil Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, Habib Said Saleh Abdul Al Qadri mengajak semua pihak termasuk seluruh kalangan masyarakat untuk meningkatkan produktivitas perikanan di wilayah itu sebagai upaya meningkatkan perekonomian.

“Salah satu yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Barito Timur yakni melaksanakan restocking (menebar kembali) bibit ikan,” kata Habib Saleh di Tamiang Layang, Jumat 9 September 2022.

Pemerintah Kabupaten Barito Timur melalui Dinas Perikanan dan Peternakan mendukung segala kegiatan yang berhubungan dengan upaya masyarakat, khususnya nelayan dalam meningkatkan produktivitas bidang perikanan, baik melalui kegiatan tangkap maupun budidaya ikan.

Dijelaskan Habib Saleh, melalui Dinas Perikanan dan Peternakan Barito Timur juga sudah dilaksanakan pengisian kembali bibit ikan di Bendungan Karau di Dusun Tengah.

BACA JUGA:   Pemkab Barito Timur Gelar Pasar Murah untuk Tekan Inflasi

Perairan umum merupakan lingkungan ekosistem yang cukup vital keberadaannya bagi masyarakat. Pemanfaatan sumber daya air yang sangat dominan meliputi penangkapan ikan yang dilakukan nelayan sebagai mata pencaharian maupun oleh masyarakat umum untuk konsumsi rumah tangga.

“Jadi, kita harus sadar bahwa populasi ikan di perairan umum di wilayah Kabupaten Barito Timur ini dari hari ke hari semakin berkurang karena beberapa faktor dan harus diantisipasi,” kata Habib Saleh.

Faktor penyebabnya antara lain terjadinya over fishing pada musim-musim tertentu, penggunaan alat tangkap yang tidak ramah lingkungan, tercemarnya habitat, atau perairan umum dan lainnya.

“Memperhatikan itu semua maka kegiatan restocking menjadi suatu keharusan untuk dilakukan guna mengembalikan keanekaragaman hayati yang ada pada suatu perairan,” kata Habib Saleh.

BACA JUGA:   Tingkatkan Layanan, RSUD Tamiang Layang Optimalkan Fungsi Unit Humas

Program penyebaran benih yang menjadi program prioritas Dinas Perikanan dan Peternakan untuk beberapa tahun ke depannya agar dalam menjaga produktivitas perikanan di sungai-sungai di wilayah Kabupaten Barito Timur.

“Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Barito Timur mengharapkan dukungan dari semua pihak untuk ikut serta melakukan kegiatan restocking dan dapat berhasil dan memberikan manfaat bagi kita semua,” kata Habib Saleh.

Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Barito Timur, Mishael mengatakan, jenis ikan yang dalam program restocking merupakan jenis ikan air tawar.

(ANTARA)

(Visited 32 times, 2 visits today)