Bunda Literasi Gumas Ajak Orang Tua Luangkan Waktu Bacakan Cerita untuk Anak-Anak

IST/BERITA SAMPIT - Bunda Literasi Kabupaten Gunung Mas, Mimie Mariatie Jaya Samaya Monong saat membacakan cerita kepada sejumlah peserta didik di Taman Kanak-kanak (TK) Sinar Kasih Kuala Kurun belum lama ini.

KUALA KURUN – Bunda Literasi Kabupaten Gunung Mas, Mimie Mariatie Jaya Samaya Monong mengatakan bahwa salah satu cara menumbuhkan minat baca anak yakni dengan membacakan cerita.

“Ada banyak manfaat yang akan didapat jika orang tua meluangkan waktu untuk membacakan cerita bagi anak-anak. Salah satunya adalah menumbuhkan minat membaca pada anak,” terang Imie Mariatie Jaya Samaya Monong saat membacakan cerita untuk sejumlah peserta didik di Taman Kanak-kanak (TK) Sinar Kasih Kuala Kurun belum lama ini.

BACA JUGA:   Optimalisasi Pertanian Melalui Gerakan Pemuda Tani Indonesia di Gunung Mas

Lebih lanjut dikatakannya, saat membacakan cerita maka orang tua secara tidak langsung mengajarkan nilai-nilai kemanusiaan kepada anak. Sebab, setiap cerita pasti memiliki pesan moral yang bermanfaat untuk membentuk karakter anak.

Dirinyapun mengajak dan mengimbau kepada para orang tua untuk sering membacakan cerita kepada anak-anaknya. Dengan cara tersebut, harapannya bisa menumbuhkan minat baca anak-anak di Kabupaten Gunung Mas sejak dini dan bisa menjadi budaya dalam keseharian mereka.

BACA JUGA:   Persiapan Pengamanan Idul Fitri, Polres Gunung Mas Gelar Rakor Lintas Sektoral

“Semoga ke depan membaca jadi budaya bagi masyarakat, khususnya di kalangan generasi muda dan anak-anak. Karena dengan rajin membaca maka kita bisa membentuk sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas, ” tuturnya.

Dimana kedepannya ia akan mengunjungi TK lain di untuk membacakan cerita, guna menumbuhkan minat baca kepada anak-anak di kabupaten bermoto ‘Habangkalan Penyang Karuhei Tatau. (ale).