Ditlantas Polda Kalteng Sosialisasikan Tertib Berlalu Lintas kepada Pelajar

IST/BERITA SAMPIT - Suasana Sosialisasi Tertib Berlalu Lintas, dan Safety Riding di beberapa sekolah

PALANGKA RAYA – Dalam rangka Hari Jadi Lalu Lintas Ke-67, Ditlantas Polda Kalteng melaksanakan kegiatan sosialisasi tertib berlalu lintas sekaligus menjadi Inspektur Upacara di beberapa SMA di Palangka Raya, diantaranya SMAN 1 Palangka Raya, SMAN 2 Palangka Raya, SMAN 3 Palangka Raya, SMA Nusantara Palangka Raya, dan MAN Model Palangka Raya, Senin 12 September 2022.

Kegiatan yang dikemas dalam Senin Simpatik ini diisi dengan Sosialisasi Tertib Berlalu Lintas, dan Safety Riding serta memberikan doorprize berupa Helm kepada pelajar.

Direktur Lalu Lintas Polda Kalteng Kombes Pol. Heru Sutopo melalui Wadirlantas Polda Kalteng AKBP. I Putu Dedy Ujiana mengatakan, hal ini dilakukan dalam rangka hari jadi lalu lintas ke-67 juga untuk memberikan pemahaman kepada para pelajar agar selalu tertib berlalu lintas, dan mengutamakan keselamatan.

BACA JUGA:   Diskominfosantik Kalteng Gelar Media Gathering-Buka Puasa Bersama Insan Pers 

“Untuk itu kepada para pelajar diharapkan menghindari segala bentuk pelanggaran lalu lintas, patut dan wajib untuk dipahami tentang peraturan lalu lintas hal ini kami lakukan tidak lain selain untuk meningkatkan kesadaran pelajar dalam mematuhi peraturan berlalu lintas sekaligus menanamkan kepada generasi muda melalui pelajar tingkat sekolah,” ucapnya.

Sosialisasi tertib berlalu lintas ini guna mencegah dan menurunkan angka kecelakaan lalu lintas, ia juga menjelaskan empat faktor yang menjadi penyebab utama kecelakaan lalu lintas yaitu, faktor manusia, kendaraan, jalan, dan lingkungan. Selain itu pihaknya juga mengajak seluruh pelajar selaku kaum milenial mewujudkan Kalteng Zero Traffic Accident dengan mengutamakan keselamatan di jalan raya.

BACA JUGA:   Pelanggaran Penggunaan Spektrum Frekuensi Mengedepankan Aspek Pengenaan Sanksi Administratif

Dalam sosialisasi tersebut ia juga menekankan, pentingnya kesadaran masyarakat dalam berkendaraan di jalan dengan mematuhi rambu-rambu yang telah ditetapkan, dalam rangka mencegah atau mengurangi angka kecelakaan.

Adapun kegiatan tersebut diikutin kepala sekolah, para guru, serta PT. Jasa Raharja Cabang Kalimantan Tengah dan seluruh Pelajar SMAN 1 Palangka Raya, SMAN 2 Palangka Raya, SMAN 3 Palangka Raya, SMA Nusantara Palangka Raya, dan MAN Model Palangka Raya di masing-masing sekolah.

“Saya berharap dengan adanya kegiatan ini pelajar tidak hanya mengerti aturan berlalu lintas saja, tetapi juga harus bisa mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga diharapkan kedepannya palajar ini nantinya menjadi warga yang sadar hukum khusunya tentang peraturan dalam berlalu lintas serta dapat menjadi pelopor keselamatan,” harapnya. (Hardi)