KKP Serahkan Bantuan Kapal 3 GT kepada Puluhan Nelayan di Pulang Pisau

Bupati Pulang Pisau Pudjirustaty Narang simbolis menyerahkan paket bantuan kapal 3 GT kepada sebanyak 30 nelayan di dua kecamatan, Senin (12/9/2022). ANTARA/Adi Waskito.

PULANG PISAU – Sebanyak 30 nelayan di Pulang Pisau, Kalimantan Tengah (Kalteng), mendapat bantuan paket kapal 3 GT dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) agar bisa terus meningkatkan hasil produksi ikan tangkapan.

“Pemerintah daerah mendorong nelayan di daerah ini untuk ikut berperan dalam menggerakkan roda ekonomi dan meningkatkan ekonomi keluarga ke arah yang lebih baik,” kata Bupati Pulang Pisau Pudjirustaty Narang di Pulang Pisau, Selasa 13 September 2022.

Pemerintah kabupaten (pemkab), lanjutnya, berkomitmen meningkatkan taraf hidup dan ekonomi para nelayan, salah satunya dengan memberi bantuan yang diperlukan, meski jumlahnya masih sangat terbatas.

Ia berharap para nelayan bisa terus meningkatkan hasil produksi ikan tangkapan sehingga bisa menunjang ketahanan pangan melalui ketersediaan ikan konsumsi bagi masyarakat. Selain itu bisa meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan nelayan.

BACA JUGA:   Mahasiswa KKN Kebangsaan Tinjau Panen Padi Pakai Mesin Canggih

“Saya minta agar bantuan yang diberikan oleh pemerintah ini bisa benar-benar dimanfaatkan oleh nelayan penerima, tidak disalahgunakan dan diperjualbelikan, sesuai fakta integritas yang telah ditandatangani oleh nelayan penerima,” katanya.

Dia mengatakan jumlah bantuan yang diberikan masih terbatas dan masih belum bisa memenuhi jumlah nelayan di kabupaten setempat.

“Untuk itu, diminta Dinas Perikanan setempat tidak terbelenggu dan berdiam diri, tetapi lebih bekerja keras lagi membantu nelayan dengan mengajukan berbagai usulan-usulan yang dibutuhkan, baik bersumber dari anggaran pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat,” kata Pudjirustaty.

Bantuan paket bantuan kapal 3GT itu diserahkan kepada sebanyak 14 nelayan dari Kecamatan Maliku terdiri dari tujuh nelayan anggota KUB (Kelompok Usaha Bersama) Tani ll Desa Badirih dan tujuh nelayan daru anggota KUB Ije Atei Desa Kanamit.

BACA JUGA:   Ini Pesan Menteri PPPA pada Deklarasi DRPPA Bebas Stunting dan Peringatan Hari Anak Nasional di Kalteng

Bantuan nelayan di Kecamatan Sebangau Kuala diberikan kepada enam nelayan anggota KUB Bakau Berkah Desa Sei Bakau, enam nelayan anggota KUB Paduran Sebangau Makmur. Empat nelayan anggota KUB Keluarga Harapan dari Desa Paduran Sebangau.

Paket bantuan terdiri dari bodi perahu atau badan kapal, mesin alkon kapasitas 9HP, alat tangkap jaring, dan peralatan lain seperti senter dan jaket pelampung yang bersumber dari dana DAK 2022.

(ANTARA)

(Visited 14 times, 1 visits today)