Pemkab Mura Bakal Terapkan SPBE

IST/BERITA SAMPIT- Kadiskominfo SP Murung Raya, Drs. Bimo Santoso, M.AP saat mengikuti rapat evaluasi SPBE di hotel Grand Inna Kuta Bali.

PURUK CAHU- Pemerintah Kabupaten Murung Raya melalui Kepala Dinas Komunikasi, Informasi, Stastistik dan Persandian (Diskominfo SP), Bimo Santoso mengikuti evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) di hotel Grand Inna Kuta Bali.

Bimo mengatakan, kegiatan tersebut diikuti oleh 26 Pemerintah Daerah dan Lembaga vertical yang dilaksanakan selama dua hari yakni tanggal 13-14 September 2022.

Sedangkan kegiatan evaluasi SPBE diawali dengan dengan acara seremonial yang diisi dengan sambutan dan arahan oleh Asisten Deputi Perumusan Kebijakan dan Koordinasi Penerapan SPBE PANRB, Cahyono Tri Wibowo.

Selanjutnya, acara diisi dengan pemaparan terkait evaluasi SPBE, aplikasi Monev SPBE kemudian dilakukan pendampingan evaluasi tahun 2022 dan terakhir akan dilakukan evaluasi SPBE.

Dalam arahannya, Cahyono menyampaikan bahwa Penerapan SPBE adalah untuk wujudkan Layanan Digital Nasional yang dilakukan dengan prinsip keterpaduan dan interoperabilitas.

“Prinsip keterpaduan dan interoperabilitas, dilakukan melalui penerapan arsitektur SPBE (tematik layanan berdasarkan proses bisnis lintas sektor),” ungkapnya.

Lebih lanjut disampaikan bahwa aplikasi yang telah ada saat ini, diarahkan untuk dapat saling interoperabilitas melalui Sistem Penghubung Layanan Pemerintah (SPLP), berbagi pakai data melalui Portal Satu Data Indonesia dan mengutamakan pembentukan menjadi aplikasi umum SPBE sesuai arsitektur SPBE.

“Jadi Pembangunan dan pengembangan aplikasi umum SPBE, diarahkan menjadi platform digital yang terpadu, melalui pembentukan integrated e-Services dari setiap instansi “Pembina Nasional” untuk menjadi bagian Layanan Digital Nasional,” jelasnya.

Diharapkan kedepan akan terwujudnya dan operasional Layanan Digital Nasional, sebagai platform digital Pemerintah berbagi pakai, diselaraskan dengan prioritas Reformasi Birokrasi Tematik (Pengentasan Kemiskinan, Pertumbuhan Ekonomi, dan Administrasi Pemerintahan).

Sementara Kadis Kominfo SP Murung Raya, Bimo Santoso yang berkesempatan hadir dalam kegiatan evaluasi SPBE mengharapkan kedepannya Kabupaten Murung Raya telah menerapkan SPBE sesuai dengan peruntukan dan ketentuan yang berlaku.

“SPBE ditujukan untuk mewujudkan tata kelola Pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya,” pungkasnya.(Lulus)