SDN 1 Ketapang Sampit Tanamkan Nilai Pelajar Pancasila kepada Siswa

NARDI/ BERITA SAMPIT- siswa SDN 1 Ketapang Sampit saat kegiatan mata pelajaran olahraga di halaman sekolah

SAMPIT – Pengarahan sekolah kepada siswa difokuskan untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila, artinya ditanamkan nilai-nilai yang terkandung dari Pancasila kepada siswa. Hal ini disampaikan Kepala SDN 1 Ketapang Sampit, Ratna pada Rabu 14 September 2022.

Ratna mengatakan seperti nilai keagamaan yaitu bertakwa kepada Tuhan dengan agama dan kepercayaan masing-masing siswa hendaknya taat beribadah.

Penerapan Pancasila sila kedua yang bermakna bahwa sebagai manusia khususnya sebagai siswa, di lingkungan sekolah harus menghormati dan menghargai sesama, menolong orang yang kesusahan, tidak jahat kepada teman, dan tidak berbuat kasar kepada teman-teman

BACA JUGA:   Empat Orang Alami Luka Dalam Laka Lantas di Kota Besi

Ia menambahkan bahwa siswa hendaknya tidak membeda-bedakan teman, menghargai pendapat orang lain, melaksanakan hak dan kewajiban, serta bergoyong rotong disekolah seperti menjaga kebersihan lingkungan sekolah.

SDN 1 Ketapang juga memberi pengarahan pagi tentang kedisiplinan, rutin belajar, berperilaku baik, dan peduli lingkungan dengan kegiatan bernama sistem tiket sampah, yaitu siswa boleh masuk kelas jika sudah mengambil sampah dihalaman sekolah sebagai tiket masuk kelasnya.

BACA JUGA:   Kebakaran Lahan Kosong Gegerkan Warga usai berbuka Puasa

“Dan kemudian siswa harus mencuci tangan sebelum masuk kelas, hal ini rutin ditanamkan sehingga menjadi kebiasaan siswa untuk mencintai kebersihan diri, sekolah dan lingkungannya,” pungkasnya.

SDN 1 Ketapang Sampit memiliki sekitar 500 siswa, dengan 17 rombongan belajar dan 25 guru. Beralamat di Jalan H Imbran Sampit, Kelurahan Ketapang, Kecamatan MB Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur, Provinsi Kalimantan Tengah.

(nardi)