Diguyur Hujan, Jalan Lingkar Selatan yang Baru Diperbaiki Mulai Ada Kubangan Lagi

NARDI/BERITA SAMPIT- Kondisi Jalan Lingkar Selatan M Hatta kembali muncul kubangan air setelah diguyur hujan, Kamis 15 September 2022.

SAMPIT – Kondisi jalan lingkar selatan M Hatta Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) sempat diperbaiki dan diratakan dengan alat berat hingga sudah nyaman untuk dilintasi truk berat beberapa pekan lalu.

Namun ketika hujan terjadi beberapa hari yang mengguyur Kota Sampit menyebabkan jalan M Hatta kembali terdapat beberapa kubangan air yang cukup besar. Truk juga tak lagi mulus melintas di jalan tersebut.

Yanto, supir truk yang melintas menduga bahwa penyebab jalan kembali tidak rata karena pasir yang menimbun jalan tersebut tersapu derasnya air hujan ke parit samping jalan sehingga menyebabkan genangan air ditengah jalan.

“Agak sulit melewati jalan lingkar selatan karena jalannya kembali tidak rata dan terdapat genangan air karena hujan, perlu solusi jangka panjang dari Pemerintah,” katanya, Kamis 15 September 2022.

Diberitakan sebelumnya sudah hampir dua bulan sejak dilakukan kesepakatan perbaikan Jalan M Hatta pada tanggal 26 Juli 2022 lalu, sampai 7 September 2022 sebanyak 12 Perusahan Perkebunan Besar Sawit yang ada di wilayah Kabupaten Kotawaringin Timur, belum menyetor dana konsorsium, sehingga perbaikan belum sepenuhnya dapat terselesaikan.

Diketahui bahwa untuk meminimalisir kerawanan kecelakaan lalu lintas yang melibatkan anak sekolah serta masyarakat, Dinas Perhubungan Kotim mulai 6 September 2022, khusus pada jam keberangkatan anak sekolah dan jam sibuk masyarakat, ditetapkan pembatasan jam operasional lintasan angkutan barang khusunya angkutan galian C (tanah, pasir uruk), CPO, TBS, kontainer dan kendaraan pengangkut alat berat, agar tidak melintasi ruas – ruas Jalan dalam Kota Sampit pada jam 06.00- 07.30 WIB dan 12.00 – 14.00 WIB, dialihkan ke jalan lingkar utara dan selatan. (Nardi).