Direktorat Lalu Lintas Polda Kalteng Gelar Program Polsanak, Ini Tujuannya

IST/BERITA SAMPIT - Pelaksanaan program Polisi Sahabat Anak (Polsanak) di Aula Graha Bhayangkara Polda Kalteng.

PALANGKA RAYA – Direktorat Lalu Lintas Polda Kalteng melaksanakan kegiatan Polantas Simpatik yang dikemas dalam program Polisi Sahabat Anak (Polsanak) kepada siswa-siswi sekolah dasar. Kegiatan dilaksanakan di Aula Graha Bhayangkara Polda Kalteng, Kamis 15 September 2022.

Program tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Ditlantas Polda Kalteng terlebih pada saat ini bertepatan dengan perayaan Hari Jadi Lalu Lintas Bhayangakara Ke-67 tahun 2022.

Direktur Lalu Lintas Polda Kalteng Kombes Pol. Heru Sutopo, melalui Kasubditkamsel AKBP Wara Budi Hastuti mengatakan Program tersebut bertujuan untuk menanamkan kedisiplinan, kesadaran hukum, dan budaya tertib berlalu lintas sejak usia dini.

“Hari ini kami kedatangan anak-anak dari Paud Raudhatul Athfal Azkiya Palangka Raya yang mana dalam memberikan pengenalan kepada anak-anak usia dini ini sangat berbeda dengan anak-anak sekolah tingkat SMP maupun SMA. Sehingga dalam mengenalkan rambu-rambu lalu lintas ini dilakukan dengan alat peraga, seperti contoh-contoh rambu lalu lintas, zebra cross atau tempat penyebrangan dan lainnya,” katanya.

BACA JUGA:   Semua Pihak Harus Mendukung Gugus Tugas Daerah Bisnis dan HAM

Ia menjelaskan, lalu lintas itu bisa dikatakan sebagai urat nadi, di mana dan ke mana dalam beraktivitas di jalan pasti ada aturan lalu lintas. Mudah-mudahan ini bisa menjadi ilmu bagi anak-anak di masa depan agar bisa tertib berlalu lintas.

Menurutnya, program Polisi Sahabat Anak ini disampaikan melalui kegiatan yang menyenangkan. Antara lain, pengenalan rambu-rambu lalu lintas, tertib berlalu lintas menggunakan helm, dengan harapan nantinya ketika beranjak remaja dan dewasa mereka bisa ingat dan selalu mematuhi peraturan lalu lintas saat berkendara di jalan.

Selain itu juga, mereka bisa mengingatkan orang tuanya saat dibonceng motor ke sekolah untuk selalu mengenakan helm demi keselamatan. Lebih lanjut, program ini juga mengajarkan anak-anak untuk peduli lingkungan. Yakni, dengan menumbuhkan kepekaan lingkungan salah satunya tidak membuang sampah di sembarang tempat.

BACA JUGA:   Pengurus DAD Harus Terus Bersinergi Majukan Dayak

“Hal-hal kecil ini jika dilaksanakan terus menerus dalam kehidupan sehari-hari mereka akan memberikan manfaat yang besar yakni mencegah terjadinya banjir akibat sampah yang menutupi saluran air,” tandasnya.

Diakhir kegiatan anak-anak PAUD Raudhatul Athfal Azkiya diajak berkeliling mengelilingi kawasan mako Ditlantas.

“Semoga apa yang di dapat pada hari ini dapat bermanfaat, Saya berharap kepada orang tua murid, para guru dan anak-anak Paud Raudhatul Athfal Azkiya dapat mengenal lebih jauh akan tugas Polisi. Hal ini penting bagi mereka, agar anak-anak ini tidak tumbuh phobia terhadap Polri dan mereka akan merasa bangga dan rindu akan hadirnya Polisi untuk lindungi, mengayomi dan melayani masyarakat,” pungkasnya. (Hardi).

(Visited 20 times, 1 visits today)