Lopo Betang Perdie M Yoseph Resmi Mulai Dibangun

IST/BERITA SAMPIT- Bupati Murung Raya Drs. Perdie M. Yoseph,MA saat melaksanakan peletakan batu pertama pembangunan Lopo Betang.

PURUK CAHU- Pemerintah Kabupaten Murung Raya melakukan Peletakan batu pertama sebagai dimulainya Pembangunan tiang pancang Lopo Betang Perdie M. Yoseph, yang berlokasi di Bumi Perkemahan Pramuka Puruk Cahu Seberang belum lama ini.

Saat dikonfirmasi, Bupati Murung Raya, Drs. Perdie M. Yoseph mengatakan bahwa bangunan dua unit Lopo Betang ini dibangun secara bertahap di atas lahan seluas 2,7 Ha, dan dari luas lahan yang tersedia 9,4 Ha sesuai rencana detail tata ruang terbuka hijau seluas 78 Ha yang ada di Kota Puruk Cahu ini.

“Pembangunan Lopo Betang yang kembar ini dibangun secara bertahap. tahap pertama tahun ini dibangun 1 unit berukuran 41×29 meter dan selanjutnya tahap ll akan dibangun pada tahun 2023 mendatang. Lopo Betang tersebut menggambarkan sebuah kekuatan identitas Dayak yang profesional dan seimbang,” kata Bupati Perdie yang juga sebagai ketua DAD Murung Raya, Kamis 15 September 2022.

Dalam proses pembangunan tersebut, Bupati Perdie menargetkan Lopo Betang ini diharapkan selesai pada tahun 2023 akan datang, kemudian nantinya setelah selesai akan diresmikan pada hari ulang tahun Kabupaten Murung Raya ke-21.

Pembangunan Lopo Betang tersebut dalam rangka mempersiapkan sebagai tuan rumah pada acara kegiatan Rakor Budaya se-Kalteng. Kemudian, Pembangunan Lopo Betang dengan diberi nama “Perdie M Yospeh” ini dibangun oleh pemerintah berada di jalur lalu lintas keluar masuk menuju Kota Puruk Cahu Kabupaten Murung Raya.

“Ketika orang masuk atau keluar secara tidak langsung tergambar di benak pikiran suku Dayak punya kebanggaan memiliki Rumah Betang atau Lopo Betang. Jangan sampai nilai budaya kita sendiri sedikit demi sedikit akan hilang fisik identitas yang menjadi kebanggaan suku,” tandas Bupati Perdie.

Kegiatan Peletakan batu pertama Pembangunan tiang Lopo Betang ini secara langsung dihadiri Bupati Murung Raya, Drs. Perdie M Yoseph, MA dan Wakil Bupati Rejikinoor, S.Sos, Sekretaris Daerah, Dr. Drs. Hermon, M.Si dan Wakapolres Murung Raya, Perwira Penghubung Kodim 1013 MTW, Anggota DPRD Murung Raya Sekretaris Umum DAD Murung Raya, Berto K, ST, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Murung Raya, Ferdinand Wijaya, S.pt, M.AP dan kepala dinas pekerjaan umum, Paulus Karya Manginte, ST.,MT, hingga unsur OPD turut hadir. (Lulus).