Buaya Besar Muncul, BKSDA Imbau Warga Bantaran Desa Cempaga Kotim Waspada

ILHAM/BERITA SAMPIT - Seekor buaya besar yang muncul di sungai sekitar pemukiman warga DeCempaga Mulia, Kamis 15 September 2022, malam.

SAMPIT – Berkaitan dengan kemunculan seekor buaya jenis muara yang diperkirakan berukuran cukup besar di Sungai Mentaya Desa Cempaga Mulia Kecamatan Cempaga, Kabupaten Kotawaringin Timur, kamis 15 September 2022 malam.

Komandan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Jaga Sampit, Kalimantan Tengah Muriansyah mengimbau masyarakat sekitar terutama yang tinggal di bantaran sungai agar lebih waspada saat melakukan kegiatan disekitar sungai.

“Berhati-hati dan tetap waspada saat beraktivitas di sungai atau tepi sungai, terutama saat hari sudah mulai gelap seperti malam sampai subuh,” kata Muriansyah, kepada media ini, Jumat 16 September 2022.

“Untuk diketahui, disekitar sungai di Cempaga Mulia warga masih menggunakan sungai untuk aktivitas mandi, cuci, kakus (MCK). Hal ini yang patut menjadi kewaspadaan, seiring adanya kemunculan buaya disekitar lokasi itu,” lanjutnya.

BACA JUGA:   TTG Tingkat Kabupaten Kotim Digelar, Menampilkan Berbagai Karya dan inovasi

Terkait laporan tersebut, BKSDA Sampit telah memberitahukan kejadian tersebut kepada Seksi Konservasi Wilayah (SKW) II Pangkalan Bun, guna menindaklanjuti tindakan selanjutnya.

“Sementara ini kita masih menunggu instruksi dari SKW II,” ucapnya.

Sebelumnya BKSDA Sampit, sudah pernah memasang spanduk peringatan maupun imbauan di wilayah munculnya buaya di Kecamatan Cempaga. Namun pada titik lokasi yang berbeda.

“Sebelumnya sudah ada dua buah spanduk yang kita pasang. Tapi bukan di lokasi kemunculan buaya yang sekarang,” ucapnya

BACA JUGA:   Disinyalir Ada Izin Pabrik Tanpa Prosedural Serta Cacat Hukum Tampung Buah Sawit Hasil Panen Massal

Ditambah, sehubungan sebagian wilayah di Kabupaten Kotim ada dilanda banjir, sehingga bagi warga yang tinggal di wilayah rawan banjir, diminta lebih waspada terhadap hewan liar yang bisa saja memasuki wilayah pemukiman.

“Jenis satwa liar seperti buaya, ular sanca, cobra, king cobra, bisa saja berada di sekitar pemukiman rumah ataupun kandang ternak, untuk mencari makan dan menghindari banjir,” imbuhnya

Seperti diberitakan sebelumnya, warga geger dengan kemunculan buaya besar dimalam hari di sungai pada Desa Cempaga.

Predator ganas yang diduga sedang lapar itu sudah beberapa kali muncul. Warga berharap pihak terkait bisa bertindak cepat mengevakuasi buaya tersebut. (ilm).