Pemkab Kapuas Salurkan BLT BBM kepada 18.880 KPM

Sejumlah warga penerima manfaat di Kabupaten Kapuas, menerima BLT BBM di PT.Kantor Pos Cabang Kuala Kapuas, Sabtu (17/9/2022). ANTARA/All Ikhwan

KUALA KAPUAS – Pemerintah Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, melalui Kantor Pos Cabang Kuala Kapuas menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) subsidi bahan bakar minyak (BBM) untuk 18.880 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

“Untuk Kabupaten Kapuas sendiri yang kami terima dari informasi PT Pos alokasi penerima BLT BBM yaitu 18.880 KPM yang disalurkan mulai kemarin Jumat (16/9),” kata Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Dinas Sosial Kabupaten Kapuas Andini Nopiantari di Kuala Kapuas, Sabtu 17 September 2022.

Menurut dia, penyaluran bantuan sosial pengalihan subsidi BBM ini, merupakan kebijakan dari pemerintah pusat untuk memberikan subsidi kepada masyarakat kurang mampu akibat adanya dampak kenaikan harga BBM.

BACA JUGA:   Kelompok KKN Kebangsaan Desa Naning Sosialisasi PHBS Kebersihan Diri dan Lingkungan Pada Siswa SDN 1

Sebanyak 18.880 KPM yang menerima tersebut, kata dia, merupakan data yang sudah ditetapkan Kementerian Sosial (Kemensos) bersumber dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial atau DTKS.

“Jadi ada penerima PKH dan juga ada penerima sembako tunai yang kemudian juga diberikan BLT BBM oleh pemerintah pusat,” katanya.

Andini menjelaskan, BLT BBM ini akan diberikan senilai Rp600 ribu untuk September hingga Desember 2022. Mekanisme penyalurannya dibagi dua tahap.

BACA JUGA:   Program Ekstensifikasi Kementan di Kapuas Sukses hingga Panen Raya

“Nilainya Rp150 ribu per bulan (periode BLT BBM) September sampai Desember. Tapi untuk tahap ini September-Oktober dulu. Jadi Rp300 ribu,” katanya.

Sementara dengan dimulainya penyaluran bantuan sosial pengalihan subsidi BBM ini, sejumlah warga penerima manfaat sangat senang.

“Alhamdulilah dapat bantuan, ini sangat membantu sekali bagi kami warga kurang mampu,” kata Siti Aisyah salah seorang penerima BLT BBM.

(ANTARA)

(Visited 16 times, 1 visits today)