PAUD Berperan Strategis Dalam Pengembangan SDM

IST/BERITA SAMPIT - Bunda PAUD Provinsi Kalteng Ivo Sugianto Sabran saat memberikan sambutan.

PALANGKA RAYA – Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) memiliki peran yang strategis dalam pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia, sehingga harus terus dilakukan sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan orang tua, keluarga dan masyarakat yang memerlukan perluasan akses dan peningkatan mutu layanan PAUD yang berkualitas.

Demikian disampaikan Bunda PAUD Provinsi Kalteng Ivo Sugianto Sabran saat acara pembukaan kegiatan apresiasi Bunda PAUD berprestasi tingkat Provinsi Kalteng tahun 2022, di Hotel Best Western Batang Garing Palangka Raya, Sabtu 17 September 2022 malam.

“Saya berharap kiranya Bunda PAUD kabupaten/kota dapat terus membangun komunikasi dengan semua pemangku kepentingan di wilayahnya masing-masing, yang tentunya memiliki potensi untuk mengembangkan layanan PAUD,” harapnya.

BACA JUGA:   Apeksi Bahas Penghapusan Tenaga Honorer pada Rapat Kerja Komisariat Wilayah V Regional Kalimantan

Ivo juga berharap, dengan adanya kegiatan apresiasi Bunda PAUD berprestasi ini akan memunculkan ide-ide dan inovasi di kabupaten/kota dalam mengembangkan PAUD yang berkualitas.

“Tujuan kegiatan Apresiasi Bunda PAUD adalah untuk mendorong penguatan layanan PAUD berkualitas secara Holistik Integratif. Selain itu juga untuk melihat sejauh mana keterlibatan Bunda PAUD kecamatan, desa/kelurahan dalam rangka peningkatan kualitas, perluasan dan pemerataan akses layanan PAUD di wilayahnya masing-masing,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalteng Achmad Syaifudi mengatakan, anak usia dini adalah usia emas atau golden age antara 0-6 tahun yang perlu sentuhan. Lembaga PAUD yang memiliki sistem Holistik Integratif (HI) akan melihat secara keseluruhan anak usia 3-6 tahun yang harus disentuh secara optimal.

BACA JUGA:   Mahasiswa Diduga Dipukul dan Diinjak Oknum Satpol PP, Begini Kronologisnya

“Dinas Pendidikan terus mendukung dan berupaya mencari kegiatan-kegiatan atau program-program yang sifatnya inovasi dalam rangka peningkatan pendidikan anak usia dini ini,” tandasnya. (Hardi).

(Visited 30 times, 1 visits today)