Disbudpar Kalteng Ajak Pelajar SLTA Belajar Bersama di Museum

Hardi/BERITA SAMPIT - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah Adiah Chandra Sari saat diwawancara awak media

PALANGKA RAYA – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah menggelar Belajar Bersama di Museum Tingkat SLTA/Sederajat. Kegiatan yang dilaksanakan di UPT. Museum Balanga Kalimantan Tengah, Selasa 20 September 2022 untuk meningkatkan kecintaan kepada sejarah dan menggali potensi para pelajar.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah Adiah Chandra Sari menjelaskan dalam kegiatan tersebut pihaknya memperkenalkan kembali adat istiadat Suku Dayak dan alat-alat tradisional suku Dayak secara khusus di Kalimantan Tengah.

BACA JUGA:   Calon Gubernur Kalteng, Abdul Razak Pasang Kriteria Tinggi untuk Wakilnya, Siapa yang Cocok ?

“Selain itu juga untuk memperkaya pengetahuan sejarah dan budaya bagi generasi muda. Dengan pengetahuan tersebut, diharapkan dapat memperkuat identitas kedaerahan dan sebagai bagian dari identitas nasional,” ucapnya.

Ia juga menambahkan, kegiatan ini juga untuk memperkenalkan adat istiadat Suku Dayak serta memperkenal benda-benda koleksi yang ada Museum Balanga, kepada para pelajar tingkat SLTA/Sederajat, sebagai bagian dari sejarah budaya dan adat masyarakat dayak.

BACA JUGA:   Upaya Penanggulangan Bencana BPBPK Ikuti Rapat BNPB

Ia juga menjelaskan, untuk perserta yang hadir sebanyak 200 peserta pelajar yang terdiri dari 25 pelajar secara bergiliran. Kegiatan ini dilaksanakan selama delapan hari dimulai dari tanggal 21 sampai dengan 30 September 2022, yang diikuti oleh pelajar SLTA/Madrasah Aliyah sederajat se Kota Palangka Raya, masing-masing peserta 25 orang dan satu orang guru pendamping. (Hardi)