Kodim Palangka Raya Deteksi Dini PTM Pada Prajurit

IST/BERITA SAMPIT - Suasana pemeriksaan kesehatan deteksi dini penyakit tidak menular (PTM) yang dilaksanakan di Aula Makodim 1016

PALANGKA RAYA – Kodim 1016/Palangka Raya bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya, menggelar pemeriksaan kesehatan deteksi dini penyakit tidak menular (PTM) yang dilaksanakan di Aula Makodim 1016, Selasa 20 September 2022.

Kasdim Letkol Inf Abdul Salim, mengatakan dengan dilaksanakannya kegiatan deteksi dini faktor resiko PTM diharapakan seluruh anggota dan keluarga besar Kodim 1016 Palangka Raya dapat menjadi agen perubahan dengan memberikan dukungan dan contoh kepada masyarakat.

“Saat ini masyarakat dihadapkan dengan meningkatnya angka kesakitan dan angka kematian akibat PTM. Guna meminimalisir hal itu, kami bekerjasama dengan Dinkes Kota Palangka Raya melakukan pemeriksaan deteksi dini kepada para anggota,” ucapnya.

Ia menjelaskan, Kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan contoh kepada masyarakat, supaya semakin sadar dan rutin melakukan deteksi dini dengan rutin memeriksa kesehatan diri ke fasilitas kesehatan terdekat.

“Kita sekarang ini dihadapkan dengan meningkatnya angka sakit dan kematian akibat PTM seperti penyakit hipertensi, diabetes, stroke, jantung dan lain lain, Ini harus dicegah,” lugasnya.

Peningkatan ini, lanjutnya berdampak terhadap menurunnya produktivitas sumber daya manusia. Sebaliknya ini berdampak terhadap beban pembiayaan kesehatan yang harus ditanggung oleh negara dan masyarakat.

Untuk menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat PTM ini, perlu dilakukan pembinaan fisik secara rutin dan continue khususnya bagi para Prajurit TNI dan PNS Kodim 1016 Palangka Raya.

Kasdim Letkol Inf Abdul Salim berharap dengan adanya Kegiatan Deteksi Penyakit Tidak Menular bersama Dinkes Kota Palangka Raya ini, personel TNI maupun PNS sadar akan pentingnya menjaga gaya hidup sehat dengan olahraga dan pola makan yang sehat. (Hardi)