Pemkab Katingan Terima Bantuan Dana Hibah dari PT RMU

IST/BERITASAMPIT - Bupati Katingan Sakariyas, saat tandatangani MoU Bantuan Dana Hibah bersama PT RMU, di Lobby Bupati Katingan, Senin 19 September 2022.

KASONGAN – Perseroan Terbatas Rimba Makmur Utama (PT.RMU) salurkan bantuan dana hibah kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan yang dituangkan dalam perjanjian kerja sama atau Memorandum of Understanding (MoU) pada sebuah akta notaris sebesar Rp750 juta.

PT RMU adalah merupakan nature-based solution enterprise atau perusahaan yang berkontribusi pada penurunan emisi karbon melalui solusi berbasis alam yang memulai dan mengelola Katingan Mentaya Projeck (KMP).

Perjanjian kerjasama ini ditandatangani Bupati Katingan Sakariyas, didampingi Wakil Bupati Sunardi N.T Litang bersama pihak PT RMU, di lobby kantor Bupati Katingan, Senin 19 September 2022.

Konsultan Komunikasi PT RMU, Sarwepin, berharap bantuan dana hibah ini dapat digunakan semakasimal mungkin untuk pembangunan Kabupaten Katingan. Hal ini juga sebagai contoh bagi semua investor untuk andil dalam membantu keuangan daerah dalam rangka meningkatkan pembangunan infrastruktur.

“Bantuan dana hibah kepada Pemerintah Kabupaten Katingan ini dituangkan dalam MoU pada sebuah akta notaris tersebut sebesar Rp 750 juta,” jelas Sarwepin.

Mantan Kepala Desa Jahanjang Kecamatan Kamipang ini, menjelaskan peran PT RMU sampai saat ini telah melakukan rekrutmen tenaga kerja dari Putra-Putri lokal Kabupaten Katingan.

“Kami juga menjalin kerja sama dengan Pemerintah Desa dalam pengembangan ekonomi masyarakat, pendidikan dan kesehatan yang meliputi 14 Desa pada Kecamatan Mendawai dan Kamipang,” jelasnya.

Terkait bantuan tersebut Bupati Katingan Sakariyas, mengatakan untuk masalah bantuan dana hibah berupa uang dari pihak ketiga ini, tentunya sudah dilakukan audit oleh pengawas BPK RI dan Inspektorat. Kita juga sudah berkonsultasi dengan pihak aparat hukum.

“Saya mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang tinggi kepada pihak PT RMU, karena setiap tahun rutin memberikan bantuan dana hibah. Kita patut bersyukur dengan adanya hibah ini, karena yang namanya bantuan hibah sipatnya sukarela,” ujarnya.

Menurutnya, bantuan yang diterima oleh Pemerintah Daerah langsung masuk ke Kas Daerah dalam rangka untuk membangun Kabupaten Katingan dan hasilnya dinikmati masyarakat.

(annas)