Dewan Minta Warga Jangan Buang Sampah Sembarangan Hingga Menutup Drainase

LULUS/BERITA SAMPIT- Petugas kebersihan dari Dinas PUPR Murung Raya saat membersihkan sampah yang menyebabkan drainase tersumbat di Simpang Jalan Pulo Basan.

PURUK CAHU- Anggota DPRD Murung Raya Tuti Marheni meminta warga setempat turut menjaga kelancaran drainase dengan tidak membuang sampah sembarangan yang dapat menyebabkan tertutupnya saluran tersebut.

Hal ini menyikapi atas peristiwa beberapa hari yang lalu dengan meluapnya air akibat hujan lebat. Sehingga, saluran drainase berada di Simpang Pulo Basan tersumbat oleh banyaknya sampah.

“Saya meminta masyarakat tidak membuang sampah sembarangan, karena jika hujan akan terbawa aliran air dan dapat menyumbat saluran drainase,” Kata politisi Nasdem itu, Rabu 21 September 2022.

BACA JUGA:   Dewan Harapkan Dekopinda Menjadi Motor Penggerak Bagi Koperasi

Selain itu, ia juga meminta masyarakat beserta pengembang saat melakukan pembangunan tetap memperhatikan dan menjaga saluran drainase lancar dan tidak tersumbat. Setiap masyarakat yang membangun, lanjut dia, juga harus memastikan bangunan sesuai ketentuan Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

“Mohon saat membangun, jangan sampai saluran drainase tertutup. Pada beberapa kasus, tertutupnya saluran drainase ini membuat air mampet hingga akhirnya saluran harus kita bongkar,” terangnya.

BACA JUGA:   Legislator PPP Apresiasi Keberadaan Perpustakaan Keliling

Untuk itu, Tuti kembali meminta masyarakat menjaga dan memastikan saluran drainase, minimal di lingkungan sekitar dalam kondisi baik dan terbebas dari sampah atau pun tanaman.

“Upaya itu dapat dilakukan dengan cara bergotong royong secara berkala, sehingga tanggung jawab menjaga keindahan, kebersihan dan kenyamanan berkehidupan sosial dilakukan bersama-sama,” pungkasnya. (Lulus)

(Visited 22 times, 1 visits today)