DRPPA Wujud Komitmen Pemprov Kalteng Dalam Meningkatkan Kesetaraan Gender

IST/BERITA SAMPIT - Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo saat memberikan sambutan

PALANGKA RAYA – Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo menjelaskan bahwa program pengembangan Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak (DRPPA) di Provinsi Kalteng merupakan salah satu wujud komitmen Pemerintah Provinsi Kalteng dalam meningkatkan kesetaraan gender di berbagai bidang pembangunan serta meningkatkan perlindungan terhadap perempuan dan anak.

Hal ini disampaikannya saat menggelar ramah tamah dan jamuan santap malam bersama Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI I Gusti Ayu Bintang Puspayoga di Istana Isen Mulang, Rumah Jabatan Gubernur Kalteng, Rabu 21 September 2022 malam.

“Saya berharap program ini dapat diimplementasikan di seluruh desa yang ada di Provinsi Kalimantan Tengah, guna mewujudkan desa yang memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat khususnya bagi perempuan dan anak, memenuhi hak atas perlindungan dari segala bentuk kekerasan dan diskriminasi, serta tersedianya sarana dan prasarana publik yang ramah perempuan dan anak,” ucapnya.

BACA JUGA:   CEO Kaltengpedia: Kalteng Memerlukan Sosok yang Berpandangan Visioner

Ia juga mengatakan, program percepatan penurunan angka stunting juga menjadi salah satu prioritas Pemprov. Kalteng, dimana Provinsi Kalteng mendapat amanat untuk menurunkan prevalensi stunting sebesar 15,38 persen pada tahun 2024 dan 14 persen secara nasional.

“Perlu adanya partisipasi dan peran aktif segenap stakeholders terkait dalam mensosialisasikan Gerakan 1.000 Hari Pertama Kehidupan. Penyebarluasan informasi 1.000 Hari Pertama Kehidupan diharapkan dapat menjadi acuan untuk meningkatkan pengetahuan kita bersama dari semua unsur tentang pendidikan keluarga 1.000 Hari Pertama Kehidupan,” jelasnya.

BACA JUGA:   Kalteng Ramadan Festival 1445 Hijriah Resmi Ditutup

Di tempat yang sama, Menteri PPPA RI I Gusti Ayu Bintang Puspayoga mengucapkan terima kasih atas komitmen Provinsi Kalteng yang akan mewujudkan Desa Ramah Peduli Anak.

“Desa Ramah Peduli Anak adalah program terintegrasi yang kita lakukan dimulai dari tingkat desa berkaitan dengan kesetaraan gender dan juga pemenuhan hak dan perlindungan anak,” tandasnya. (Hardi)