Ribuan Warga Seruyan Gelar Demo Tuntut Realisasi Plasma 20 Persen

IST/BERITA SAMPIT - Ribuan warga Seruyan yang datang dari 53 desa menggelar demo tuntut realisasi plasma 20 persen, Kamis, 22 September 2022.

KUALA PEMBUANG – Ribuan warga Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah menggelar demo dengan mendatangi kantor perusahaan kebun sawit PT. Tapian Nadenggan di Hanau Mill. Aksi tersebut menuntut terkait realisasi plasma 20 persen pada PT. Tapian Nadenggan.

Massa aksi yang terdiri dari masyarakat yang datang dari 53 desa se-Kabupaten Seruyan ini diinisiasi oleh Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Seruyan ini kompak menggeruduk PT. Tapian Nadenggan untuk meminta haknya.

Ribuan masyarakat itu menuntut terkait realisasi plasma sawit 20 persen di areal inti perkebunan sesuai dengan SK pelepasan kawasan tahun 2001.

BACA JUGA:   Yulhaidir Buka Kejuaraan Menembak Bupati Seruyan Cup II Lokal

Kapolres Seruyan, AKBP Gatot Istanto mengatakan, pihaknya mengerahkan personel gabungan dari polsek jajaran untuk mengamankan aksi damai yang dilakukan oleh masyarakat dari 53 desa tersebut.

“Saya mengimbau kepada warga masyarakat agar dalam menyampaikan aspirasi bisa secara damai, aman dan tentram, kita pihak kepolisian mengamankan dan mendukung demo aksi damai unjuk rasa warga masyarakat di PT. Tapian Nadeggan ini,” kata Kapolres, Kamis, 22 September 2022.

BACA JUGA:   Dana Desa Diprogramkan dan Dilaporkan untuk Beli Ambulan, Saat Ditelusurinya Ternyata Fiktif

Untuk itu, dia meminta kepada masyarakat agar tidak mudah terprovokasi oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.

“Saya minta kerja samanya pada masyarakat semua, agar jangan mudah terprovokasi pada setiap oknum provokator, jika ada laporkan kepada pihak keamanan yang ada didepan kalian,” pesannya kepada massa aksi.

(Visited 111 times, 21 visits today)