Wagub Kalteng: Pemprov Kalteng Selalu Komitmen Tingkatkan Kesetaraan Gender

IST/BERITA SAMPIT - Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo saat memberikan sambutan

PULANG PISAU – Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo menyampaikan, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) selalu berkomitmen untuk meningkatkan kesetaraan gender di berbagai bidang pembangunan serta meningkatkan perlindungan terhadap perempuan dan anak.

Hal ini disampaikannya saat memberikan sambutan dalam rangka Deklarasi Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak (DRPPA) Bebas Stunting dan Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) Provinsi Kalteng Tahun 2022, yang dilaksanakan di Desa Bukit Liti Kabupaten Pulang Pisau, Kamis 22 September 2022.

Ia menyampaikan, komitmen tersebut akan diwujudkan salah satunya melalui Program DRPPA, yang bekerja sama dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia.

“Pemerintah Provinsi Kalteng sangat bangga dan memberikan apresiasi yang tinggi, dengan kepedulian Pemerintah Pusat kepada masyarakat di Provinsi Kalteng,” ucapnya.

BACA JUGA:   KKP Serahkan Bantuan Kapal 3 GT kepada Puluhan Nelayan di Pulang Pisau

Dengan terpilihnya empat Desa di Provinsi Kalteng yaitu Desa Bukit Liti Kecamatan Kahayan Tengah, Desa Mekar Jaya Kecamatan Sabangau Kuala, Desa Seragam Jaya Kecamatan Seranau, dan Desa Tumbang Bajanei Kecamatan Telaga Antang sebagai Model DRPPA, yang dilaunching langsung oleh Menteri PPPA RI.

Selain Deklarasi DRPPA, Pemerintah Provinsi Kalteng juga memperingati Hari Anak Nasional (HAN), yang diperingati setiap tanggal 23 Juni di Indonesia. Peringatan HAN merupakan momentum untuk menggugah kepedulian dan partisipasi seluruh komponen bangsa Indonesia dalam pemenuhan hak anak. Hak yang dimaksud adalah hak hidup, hak tumbuh, berkembang, serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

“Pemerintah Daerah melalui Visi dan Misi Kepala Daerah akan terus berkomitmen dalam pemenuhan hak anak di Prov. Kalteng sesuai dengan tema Peringatan HAN di Provinsi Kalteng yaitu “Anak Terlindungi Indonesia Maju” untuk mewujudkan Kalteng Layak Anak dan Makin Berkah,” lugasnya.

BACA JUGA:   Mahasiswa KKN Kebangsaan Tinjau Panen Padi Pakai Mesin Canggih

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Daerah Provinsi Kalteng Nuryakin dalam laporannya menyampaikan melalui Deklarasi DRPPA Bebas Stunting diharapkan terbentuknya DRPPA di Provinsi Kalteng yang dapat menjadi episentrum baru bagi pembangunan yang berbasis pemenuhan hak serta perlindungan kepada perempuan dan anak, serta terselenggaranya Peringatan HAN sebagai bentuk penghormatan, perlindungan dan pemenuhan hak anak sebagai generasi penerus bangsa. (Hardi)

(Visited 12 times, 1 visits today)